Arsip Blog

Hukum Termodinamika Adalah?

Hukum Termodinamika Pertama berbunyi "energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan tetapi dapat dikonversi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.

Energi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, tetapi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Jumlah total energi dan materi di alam semesta tetap konstan, hanya berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Hukum Pertama Termodinamika (Konservasi) menyatakan bahwa energi selalu kekal, tidak dapat diciptakan atau dihancurkan. Pada dasarnya, energi dapat diubah dari satu bentuk ke yang lain.

Hukum kedua termodinamika mengatakan bahwa aliran kalor memiliki arah; dengan kata lain, tidak semua proses di alam semesta adalah reversible (dapat dibalikkan arahnya)


Hukum Kedua Termodinamika menyatakan bahwa "dalam semua pertukaran energi, jika tidak ada energi memasuki atau meninggalkan sistem, energi potensial dari sistem itu akan selalu lebih sedikit dibandingkan dengan keadaan awal." Hal ini juga sering disebut sebagai entropi.

Energi Potensial Vs Energi Kinetik

Energi potensial, seperti namanya, adalah energi yang belum digunakan. Energi kinetik adalah energi yang digunakan (atau gerakan). Sebuah tangki bensin memiliki energi potensial tertentu yang diubah menjadi energi kinetik oleh mesin.

Bahan kimia juga dapat dipertimbangkan dari sudut pandang energi potensial atau energi kinetik. Satu gram gula memiliki energi potensial tertentu. Jika satu gram gula itu dibakar energi dilepaskan sekaligus. Energi yang dilepaskan adalah energi kinetik (panas). 
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger