Arsip Blog

Pengertian dan Perihal tentang Paradigma Penelitian Kualitatif


Adalah satu model penelitian humanistik yang menempatkan manusia sebagai subjek utama dalam peristiwa sosial/budaya.
Penelitian Kualitatif dibangun berlandaskan paradigma fenomenologis dari Edmund Hussert (1859-1926). Pada hakikatnya penelitian kualitatif adalah suatu kegiatan sistematis untuk menemukan teori bukan untuk menguji teori atau hipotesis . dalam penelitian kualitatif “proses” penelitian merupakan suatu yang lebih penting dibanding dengan hasil yang diperoleh.
Istilah penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, misalnya dapat berupa penelitian tentang kehidupan, riwayat dan prilaku seseorang, peranan organisasi serta pergerakan sosial.
Penelitian kualitatif dapat digunakan untuk mengungkap dan memahami sesuatu dibalik fenomena yang sedikitpun belum diketahui. Penelitian kualitatif bertolak dari paradigma alamiah, artinya penelitian ini mengasumsikan bahwa realitas empiris terjadi dalam suatu konteks sosial-kultural saling terkait satu sama lain. Peneliti berusaha menggambarkan fenomena sosial holistik tanpa perlakuan manipulatif. Keaslian dan kepastian merupakan faktor yang sangat ditekankan.

Khusus dalam proses analisis dan pengambilan kesimpulan, paradigma penelitian menggunakan induksi analitis, yaitu satu pendekatan pengolahan data ke dalam konsep-konsep dan kategori-kategori dan simbol-simbol yang digunakan tidak dalam bentuk numerik (angka) melainkan dalam bentuk deskripsi dan ekstrapolasi yaitu cara pengambilan keputusan yang dilakukan secara bertahap dari satu kasus ke kasus yang lainnya.
---- Catatanya Didit ( diditnote.blogspot.com )----
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger