Arsip Blog

MAterial Handling


Material handling adalah suatu aktivitas yang sangat penting dalam kegiatan produksi dan memiliki kaitan erat  dengan perencanaan tata letak fasilitas produksi. Aktivitas ini sendiri sebetulnya merupakan aktivitas yang diklarifikasikan “non produktif” sebab tidak memberikan nilai perubahan apa-apa terhadap material atau bahan yang dipindahkan. Disini tidak akan terjadi perubahan bentuk dimensi maupun sifat-sifat fisik aatau kimiawi dari material yang dipindahkan. Di sisi lain justru kegiatan pemindahan bahan/material tersebut akan menambah biaya(cost). Dengan demikian sedapat-dapatnya aktivitas pemindahan tersebut dieliminir atau paling tepat untuk menekan biaya pemindahan bahan tersebut adalah memindahkan bahan pada jarak yang sependek-pendeknya dengan mengatur tata letak fasilitas produksi atau departemen yang ada.
Istilah material handling sebenarnya kurang tepat jika hanya diterjemahkan sekedar”memindahkan” bahan. Berdasarkan perumusan yang dibuat oleh American Material Handling Society (AMHS), pengertian mengenai material handling dinyatakan sebagai seni dan ilmu yang meliputi penanganan(handling), pemindahan(moving), pembungkusan(packaging), penyimpanan(storing), sekaligus pengendalian/pengawasa(controlling) dari bahan atau material dengan segala bentuknya. Dalam kaitannya denganaktivitas pemindahan, maka proses pemindahan bahan ini akan dilaksanakan dari satu lokasi ke lokasi yang lain baik secara vertical, horizontal maupun lintasan yang membentuk kurva. Demikin pula kativitas ini bisa dilaksanakan dalam suatu lintasan yang tetap atau berubah-ubah.
Berikut ada beberapa istilah yang umum dijumpai dalam pembahasan mengenai material handling seperti halnya :
1.       TRANSPORT, adalah pemindahan bahan dalam satuan berat (unit load) atau containers melalui suatu lintasan yang jaraknya lebih dari 5 feet atau sekitar 1,5 meter.
2.       TRANSFER, adalah pemindahan bahan melalui lintasan yang jaraknya kurang dari 5 feet atau sekitar 1,5 meter
3.       BULK MATERIAL, yaitu bahan atau material yang dalam pemindahan tidak memerlukan bag.barel, bottle, cran, drum, dll.
4.       PACKAGED MATERIAL, yaitu bahan atau material yang dalam pemindahan memerlukan wadah atau tempat untuk membawanya dengan mudah seperti bag, bog, drum, bottle, dll.
5.       UNIT LOAD, menunjukkan sejumlah packaged unit tertentu yang bisa dimuat dalam skid box, pallets, dll
6.       REHANDLE, adalah aktivitas penurunan muatan yang ada dalam pallets, skid box, dll.
Pemindahan bahan adalah bagian dari system industry yang member pengaruh tentang hubungan dan kondisi fisik dari bahan/material dan/atau produk terhadap proses produksi tanpa adanya perubahan-perubahan dan kondisi/bentuk material atau produk itu sendiri. Pemindahan ini juga merupakan suatu seni atau ilmu di dalam memindahkan, membungkus, atau menyimpan bahan dalam segala bentuk yang ada. Prinsip dalam menerapkan system konsep”the best handling is no handling at all”. Material handling adalah aliran bahan yang harus direncanakan secermat-cermatnya sehingga material(bahan) akan bisa dipindahkan pada saat dan menuju lokasi yang tepat.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger