Arsip Blog

Manfaat Media Pembelajaran



Media pembelajaran secara umun bermanfaat sebagai suatu alat yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik serta mampu meningkatkan hasil belajar yang tinggi. Namun Arief S. Sadiman (2010: 17-18) memiliki pendapat tentang manfaat dari media pembelajaran, yaitu:
1)   memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka),
2)   mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
3)   penggunaan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik.
Pendapat lain yang dikemukakan oleh John D. Latuheru (1988: 23-24) tentang manfaat dari penggunaan media pembelajaran adalah:
1)   media pembelajaran menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pelajaran yang disajikan,
2)   media pembelajaran mengatasi perbedaan pengalamaan belajar berdasarkan latar belakang sosial ekonomi dari anak didik
3)   media pembelajaran membantu memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara yang lain,
4)   media pembelajaran dapar menumbuhkan kemampuan berusaha sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan,
5)   media pembelajaran memungkinkan terjadinya kontak langsung antara anak didik dengan guru, masyarakat, maupun dengan lingkungan alam sekitar mereka (karyawisata, berkemah, meninjau kebun binatang, dan lain-lain).
Para ahli diatas telah mengemukakan tentang manfaat media pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, menyampaikan pesan, meningkatkan kreasi serta inovasi siswa, dan manfaat keseluruhannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger