Media pembelajaran
secara umun bermanfaat sebagai suatu alat yang dapat membantu seorang guru
dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar proses belajar mengajar
berjalan dengan baik serta mampu meningkatkan hasil belajar yang tinggi. Namun
Arief S. Sadiman (2010: 17-18) memiliki pendapat tentang manfaat dari media
pembelajaran, yaitu:
1)
memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas (dalam bentuk kata-kata
tertulis atau lisan belaka),
2)
mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
3)
penggunaan media
pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak
didik.
Pendapat lain yang
dikemukakan oleh John D. Latuheru (1988: 23-24) tentang manfaat dari penggunaan
media pembelajaran adalah:
1)
media
pembelajaran menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi
pelajaran yang disajikan,
2)
media
pembelajaran mengatasi perbedaan pengalamaan belajar berdasarkan latar belakang
sosial ekonomi dari anak didik
3)
media
pembelajaran membantu memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan
cara yang lain,
4)
media
pembelajaran dapar menumbuhkan kemampuan berusaha sendiri berdasarkan
pengalaman dan kenyataan,
5)
media
pembelajaran memungkinkan terjadinya kontak langsung antara anak didik dengan
guru, masyarakat, maupun dengan lingkungan alam sekitar mereka (karyawisata,
berkemah, meninjau kebun binatang, dan lain-lain).
Para ahli diatas
telah mengemukakan tentang manfaat media pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, menyampaikan pesan,
meningkatkan kreasi serta inovasi siswa, dan manfaat keseluruhannya adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar