Arsip Blog

Belajar Elektro Pneumatik Dasar Dengan Menggunakan Festo Fluidsim

Elektro pneumatik merupakan pengembangan dari pneumatik yang mana elektro pneumatik cenderung lebih menggunakan perangkat elektrik seperti relay, solenoid bahkan PLC untuk mengendalikannya aktuator. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan elektropneumatik dengan pneumatik dapat dibaca diartikel saya sebelumnya yaitu Perbedaan Pneumatik dengan Elektro Pneumatik.

Diartikel ini saya akan menjelaskan cara merangkai rangkaian elektropneumatik sederhana menggunakan Festo Fluidsim. Apabila belum punya Festo Fluidsim bisa download di link di bawah ini

Berikut langkah-langkah untuk membuat rangkaian elektropneumatik dengan 1 silinder.

1. Buka Festo Fluidsim
2. Buat halaman baru bisa dengan File -> New
3. Maka akan muncul lembar kerja seperti gambar di bawah ini.

4. Pada sebelah kiri lembar kerja terdapat komponen maupun perangkat pneumatik maupun elektropneumatik. Klik dan drag komponen-komponen di bawah ini ke lembar kerja, yaitu:
-> Distance Ruler (1)
-> Double Acting Cylinder (1)
-> 5/n Way valve (1)
-> Compressor (1)
-> +24V (1)
-> Push Button (1)
-> Make Switch (2)
-> Valve Solenoid (2)
-> 0V (1)

Berikut adalah gambar dari peletakan komponen (urutan gambar dari atas ke bawah sesuai dengan urutan komponen diatas).


5. Klik 2 kali pada distance rule, pada kolom pertama isikan label dengan A1 dan position diisikan angka 0 pada kolom kedua isikan label dengan A2 dan position diisikan dengan angka 100. kemudian klik "ok".
Hasilnya maka akan muncul tulisan A1 terletak di sebelah paling kiri dan A2 terletak dipaling kanan.

Keterangan: Label A1 dan A2 bukanlah sebuah ketentuan, label bisa diisikan sesuai keinginan kita. bisa dengan SEL1, dan SEL2 atau A dan B dll. Label digunakan untuk menghubungkan distance ruler dengan make switch sehingga terkoneksi. Sedangkan angka 0 dan 100 adalah jarak letak posisi limit switch dari pangkal silinder, angka dapat divariasikan sesuai kebutuhan.

6. Klik 2 kali pada make switch sebelah kiri isikan label A1, kemudian klik "ok". Kemudian klik 2 kali pada make switch sebelah kanan isikan label A2, kemudian klik "ok". 
Maka akan terhubung distance ruler dengan make switch.


7. Klik 2 kali pada 5/n Way Valve. Klik kolom pneumatically/electrically pada sebelah kiri, maka akan muncul 3 gambar pilihan. Pilihlah gambar paling atas.  Klik kolom pneumatically/electrically pada sebelah kanan, maka akan muncul 3 gambar pilihan juga. Pilihlah gambar paling atas. kemudian klij "ok".


8. Setelah langkah 7 terselesaikan, maka akan muncul 2 simbol solenoid pada kanan dan kiri valve. Pada simbol solenoid yang muncul di valve terdapat lingkaran. Klik 2 kali lingkaran tersebut pada solenoid kiri, isikan label S1. Klik 2 kali lingkaran tersebut pada solenoid kanan, isikan label S2.

Keterangan: Label S1 dan S2 bukanlah sebuah ketentuan, label bisa diisikan sesuai keinginan kita. bisa dengan SOL1, dan SOL2 atau A dan B dll. Label digunakan untuk menghubungkan valve pada rangkaian pneumatik dengan elektrik.

9. Klik 2 kali pada valve solenoid, pada valve kiri isikan label S1, kemudian klik "ok" dan valve yang kana isikan label S2 kemudian klik "ok".


10. Hubungkan seluruh komponen seperti gambar di bawah ini dengan mengklik lingaran pada komponen kemudian drag kekomponen lain.

Cobalah rangkaian yang lainnya pada 16 Rangkaian Elektro Pneumatik Dengan Software Festo Fluidsim. Selamat mencoba.

-------------------------------------Dhitz Hugo---------------------------












Artikel Terkait

8 komentar :

Unknown mengatakan...

Makasih udah share gan , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

mbak siphe mengatakan...

bisa disimulasi tidak software tersebut sob?

Unknown mengatakan...

terimakasih master,,, sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

Anonim mengatakan...

bagaimana dengan arti dari semua simbol yg ada di festo , saya belum paham dg semua simbol-simbolnya

Unknown mengatakan...

Lanjutkan gan.. sangat membantu

Anonim mengatakan...

roll switch cara gunakannya bagaimana bro?

Manusia mengatakan...

Terima kasih banyak

Anonim mengatakan...

lumayan membantu

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger