Arsip Blog

Landasan Teori Pada Penelitian Skripsi

Landasan teori dari suatu penelitian atau karya ilmiah sering juga disebut studi literatur atau tinjauan pustaka. Salah satu alasan penting suatu karya ilmiah adalah landasan teori didukung hasil riset yang ada. Melalui penelitian atau kajian teori diperoleh kesimpulan-kesimpulan atau pendapat-pendapat para ahli, kemudian peneliti merumuskan pendapat peneliti yang relative baru. Peneliti harus belajar dan melatih dirinya untuk mengatasi masalah-masalah yang sulit, bagaimana mengekspresikan semua bahan dari berbagai sumber menjadi suatu karya tulis yang memiliki bobot ilmiah. 
Biasanya setelah masalah penelitian dirumuskan, maka langkah kedua dalam proses penelitian (kuantitatif) adalah mencari teori, konsep dan genralisasi-generalisasi hasil penelitian yang bisa dijadikan sebagai landasan teori untuk pelaksanaan penelitian. Hoy & Miskel (1987) mendefinisikan : "Theory is a set of interrealated concepts, assumptions and generalizations that systematically describes and explains regularities in behavior in organization". Berdasarkan definisi tersebut dapat diartikan bahwa teori berkenaan dengan konsep, asumsi dan generalisasi yang logis yang berfungsi untuk mengungkapkan, menjelaskan dan memprediksi prilaku yang memiliki keteraturan sebagai stimulan dan panduan untuk mengembangkan pengetahuan.
Landasan teori membahas teori-teori tentang ilmu-ilmu yang diteliti. Penyajian teori dalam landasan teori tidak terlalu sulit karena bersumber dari literatur-literatur yang relevan. Jadi seharusnya teori yang dikemukakan harus benar-benar menjadi dasar bidang yang diteliti. Selain itu, pada bagian ini juga membahas temuan-temuan penelitian sebelumnya yang terkait langsung dengan focus penelitian. Teori atau temuan penelitian peneliti lain yang dikutip harus disebut sumbernya untuk menghindari tuduhan plagiarism (mengutip karya orang lain tanpa menyebut sumbernya). Etika ilmiah tidak membenarkan seorang peneliti melakukan pencurian karya orang lain. 
Secara sistematika suatu penelitian, landasan teori terdiri dari: (1) studi kepeustakaan, (2) kerangka pikir, (3) penelitian yang relevan, dan (4) hipotesis penelitian.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger