Arsip Blog

Jenis dan Klasifikasi Restoran



Restoran saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dari segi jumlah dan jenisnya. Menurut Ninemeier (2000:8-15), industri makanan secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Commersial food service operations yaitu layanan makanan yang bertujuan mencari keuntungan maksimum melalui penjualan makanan dan minuman.
Contohnya : freestanding restaurant (restoran diluar hotel), restoran didalam hoteln (hotel dining room), coffee shops, dan quick-service restaurant.

b. Noncommercial food service operations yaitu layanan makanan yang bertujuan untuk menyediakan layanan makanan dengan biaya rendah tetapi dengan standar gizi yang baik. Contohnya : layanan makanan di sekolah, fasilitas kesehatan, milliter, dan penjara.

Freestanding eating and drinking restaurant oleh Ninemeier (2000:14) merupakan jenis restoran yang memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menikmati makanan dan minuman di dalam restoran, di luar restoran atau dibawa pergi ( take a way). Jam penyajiannya juga tidak di batasi sehingga bisa menyajikan makanan untuk sarapan, makan siang, makan malam, makan tengah malam, makan diantara waktu standar, ataupun menyajikan sekali waktu saja.

Karakteristik dari freestanding eating and drinking restaurant bisa menggunakan bangunan pribadi (independent property), dapat berbentuk chain restaurant, atau franchise (waralaba). Bentuk operasionalnya bisa berbentuk restoran mewah, restoran kasual, atau restoran dengan pelayanan cepat. Pilihan menunya ada yang sangat lengkap ada juga menyediakan menu yang terbatas.

Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger