Arsip Blog

Pemancar Infrared

---- Catatanya Didit ( diditnote.blogspot.com )----
Infrared dapat digunakan untuk memancarkan data maupun sinyal suara.Keduanya membutuhkan sinyal carrier untuk membawa sinyal data maupun sinyalsuara tersebut hingga sampai pada receiver. Untuk transmisi data biasanya sinyal ditransmisikan dalam bentuk pulsa. Informasi tersebut dikirim dalam bentuk frekuensi. Agar informasi sampai ke modul penerima, diperlukan teknik pengiriman frekuensi. Terdapat dua teknik, yaitu:
a. Teknik tanpa Modulasi
Teknik ini hanya memanfaatkan intensitas cahaya pantulan yang diterima.Kelemahan dari teknik ini adalah rentan terhadap gangguan cahaya luar yang intensitasnya lebih kuat.
b. Teknik dengan Modulasi
Teknik ini memodulasi intensitas cahaya dengan frekuensi tertentu. Ilustrasi dari teknik ini adalah pancaran cahaya yang termodulasi seperti cahaya yang berkedip. Cahaya ini masih dapat terlihat walaupun diganggu oleh sinar lain.

 Terdapat dua cara dalam memodulasi, diantaranya:
1. Modulasi dengan frekuensi tunggal
 Teknik ini memodulasi cahaya dengan satu frekuensi saja, misalnya frekuensi 1KHz. Untuk memodulasi, teknik ini memanfaatkan Band-pass Filter.
2. Modulasi dengan frekuensi ganda
Teknik ini memodulasi cahaya dengan dua frekuensi, misalnya frekuensi pertama pada 38KHz (sebagai carier), sedangkan frekuensi yang kedua adalah frekuensi informasi (data) yang lebih rendah dari yang pertama misalnya berkisar 10KHz. Teknik ini sangat efektif agar informasi yang diterima tidak salah.

Salah satu komponen yang dapat memancarkan cahaya Infrared adalah LED. LED ( Light Emitting Diode) merupakan salah satu piranti elektronik yang sangat luas pemakaiannya. LED pada umumnya digunakan sebagai indikator visual karena tanggapannya yang cepat, LED dibuat dari berbagai material semikonduktor, seperti misalnya galium arsenida fosfida (GaAsP), galium fosfida (GaP), dan galium alumunium Arsenida ( GaAIAs ). Pada tugas akhir ini LED yang digunakan adalah LED Infrared
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger