Arsip Blog

Home schooling

Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan alternatif untuk anak selain di sekolah. Dimana saat ini mulai perkembang di Indonesia, dan keberadaanya sah dan dijamin undang – undang. Homeschooling mulai menjadi pilihan masyarakat sebagai alternatif metode pendidikan karena beberapa hal, misalnya karena adanya keinginan masyarakat untuk lebih fleksibel dalam mendidik anak, menyediakan sistem pendidikan yang lebih ramah terhadap perkembangan anak, maupun menjamin bahwa proses belajar mengajar anak bisa terlaksana secara maksimal.
Hal ini terjadi karena adanya keinginan para orang tua untuk memberikan pendidikan terhadap anak yang lebih sesuai dengan bakat dan minat sang anak, maupun karena disebabkan adanya  kondisi di system pendidikan konvensional yang tidak bisa memuaskan kehendak orang tua untuk mendidik anaknya, misalnya terjadi kasus kekerasan terhadap anak, maupun system pendidikan masal yang mengakibatkan potensi anak kurang tergali secara maksimal.

Legalitas
Legalitas mengenai keberadaan Homeschooling di Indonesia dijamin oleh Undang – Undang, yaitu :
UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pasal 31
    Ayat (1)
    Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.
    Ayat (2)
    Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional
UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 27 :
  • Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.
  • Hasil Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1) diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Dalam hal ini, Pemerintah tidak mengatur standar isi dan proses pelayanan informal kecuali standar penilaian apabila akan disetarakan dengan pendidikan jalur formal dan nonformal sebagaimana yang dinyatakan pada UU No. 20/23, pasal 27 ayat (2).


Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger