A.
Penilaian Tertulis
Penilaian
secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis. Tes Tertulis merupakan tes
dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk
tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk
menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti memberi tanda,
mewarnai, menggambar dan lain sebagainya.
Ada dua bentuk
soal tes tertulis, yaitu:
1.
Soal dengan memilih jawaban
·
pilihan ganda
·
dua pilihan (benar-salah, ya-tidak)
·
menjodohkan
2.
Soal dengan mensuplai-jawaban.
·
isian atau melengkapi
·
jawaban singkat atau pendek
·
soal uraian
Dari
berbagai alat penilaian tertulis, tes memilih jawaban benar-salah, isian
singkat, dan menjodohkan merupakan alat yang hanya menilai kemampuan berpikir
rendah, yaitu kemampuan mengingat (pengetahuan). Tes pilihan ganda dapat
digunakan untuk menilai kemampuan mengingat dan memahami. Pilihan ganda
mempunyai kelemahan, yaitu peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
tetapi cenderung hanya memilih jawaban yang benar dan jika peserta didik tidak
mengetahui jawaban yang benar, maka peserta didik akan menerka. Hal ini
menimbulkan kecenderungan peserta didik tidak belajar untuk memahami pelajaran
tetapi menghafalkan soal dan jawabannya. Alat penilaian ini kurang dianjurkan
pemakaiannya dalam penilaian kelas karena tidak menggambarkan kemampuan peserta
didik yang sesungguhnya.
Tes
tertulis bentuk uraian adalah alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk
mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang sudah
dipelajari, dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut
dalam bentuk uraian tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Alat ini
dapat menilai berbagai jenis kemampuan, misalnya mengemukakan pendapat, berpikir
logis, dan menyimpulkan. Kelemahan alat ini
antara lain cakupan materi yang ditanyakan terbatas.
Dalam
menyusun instrumen penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut.
·
materi, misalnya
kesesuian soal dengan indikator pada kurikulum;
·
konstruksi,
misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus jelas dan tegas.
·
bahasa, misalnya
rumusan soal tidak menggunakan kata/ kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda.
B.
Penilaian Diri
Penilaian diri (self
assessment) adalah suatu teknik penilaian, di mana subjek yang ingin
dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan, status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang
dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.
Teknik penilaian diri dapat digunakan dalam berbagai
aspek penilaian, yang berkaitan dengan kompetensi kognitif, afektif dan
psikomotor. Dalam proses pembelajaran di kelas, berkaitan dengan kompetensi
kognitif, misalnya: peserta didik dapat diminta untuk menilai penguasaan
pengetahuan dan keterampilan berpikir sebagai hasil belajar dalam mata
pelajaran tertentu, berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Berkaitan dengan kompetensi afektif, misalnya, peserta didik dapat diminta
untuk membuat tulisan yang memuat curahan perasaannya terhadap suatu objek
sikap tertentu. Selanjutnya, peserta didik diminta untuk melakukan penilaian
berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan. Berkaitan dengan
kompetensi psikomotorik, peserta didik
dapat diminta untuk menilai kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya
sebagai hasil belajar berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Penggunaan teknik ini dapat memberi dampak positif
terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Keuntungan penggunaan teknik ini
dalam penilaian di kelas antara lain sebagai berikut.
·
dapat menumbuhkan rasa percaya diri
peserta didik, karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri;
·
peserta didik menyadari kekuatan dan
kelemahan dirinya, karena ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan
introspeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya;
·
dapat mendorong, membiasakan, dan
melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur
dan objektif dalam melakukan penilaian.
C.
Contoh Format
Penilaian Sikap dan Praktek
Mata Pelajaran: Ekonomi Semester:
2
Kelompok : ____________________ Kelas : ________
PENILAIAN SIKAP
NAMA SISWA
|
NO. ABSEN
|
ASPEK PENILAIAN SIKAP
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
|||
Komitmen Tugas
(hasil tugas)
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
Minat
|
||||
PENILAIAN PRAKTEK
NAMA SISWA
|
NO. ABSEN
|
ASPEK PENILAIAN PRAKTEK
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
|||
Identifikasi alat
|
Memasang rangkaian
|
Mengukur
|
Mengolah data
|
||||
D.
Contoh Format Penilaian Minat
Contoh pengembangan instrumen pengukuran minat
terhadap Sains menggunakan skala Likert sebagai berikut.
1.
Dibuat definisi tentang minat
2.
Dijabarkan
apa saja dimensi minat. (bila
lebih dari satu dimensi)
3.
Apa
saja indikator dari tiap dimensi minat
4.
Disusun
pernyataan yang akan dimintakan jawabannya dari siswa
5.
Dibuat
pilihan jawaban, dengan skala :
TP = tidak pernah
JR = jarang
KD = kadang-kadang
SR = sering
SL = selalu.
Contoh langkah
pengembangan indikator dan penyiapan pernyataan/pertanyaan untuk mengukur minat
adalah sebqagai berikut.
VARIABEL
|
DIMENSI
|
INDIKATOR
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
|
||||
TP
|
JR
|
KD
|
SR
|
SL
|
||||
Minat terhadap
Sains diekspresikan sebagai perhatian yang lebih terhadap Sains yang
diekspresikan baik secara verbal maupun nonverbal
|
Verbal
|
Informasi
|
Saya
menginformasikan hal-hal yang berkait dengan Sains kepada teman-teman jika
ada kesempatan
|
|||||
Bertanya
|
Saya menanyakan
kepada guru sains hal-hal yang berkait dengan mata pelajaran tersebut
|
|||||||
Bercerita
|
……………….
|
|||||||
Diskusi
|
……………….
|
|||||||
Berdebat
|
……………….
|
|||||||
dsb.
|
……………….
|
|||||||
Nonverbal
|
Membaca
|
Saya
menyempatkan diri membaca artikel/karangan di majalah/surat kabar yang
berkait dengan Sains
|
||||||
Mendengar
|
Saya mendengarkan informasi di radio hal-hal tentang
sains
|
|||||||
Menonton
|
Saya menonton
tayangan khusus yang berkait dengan Sains seperti serial film discovery untuk
flora dan fauna di TV
|
|||||||
Hadir di kelas
|
Saya hadir dalam
pelajaran sains
|
|||||||
Mengamati
|
………………
|
|||||||
Berkunjung
|
………………
|
|||||||
Berimajinasi
|
………………
|
|||||||
Bercita-cita
|
………………
|
|||||||
Bekerja
|
Bila ada
kesempatan, saya memilih bekerja dalam bidang pekerjaan yang sesuai dengan
bidang sains meskipun gajinya relatif lebih rendah
|
|||||||
dsb
|
dsb
|
Dari rancangan di atas, daftar pertanyaan yang siap diberikan kepada
siswa adalah sebagai berikut.
Berilah jawaban dengan memilih pilihan (membubuhkan tanda X) pada
kolom TP jika tidak pernah Anda lakukan, JR jika jarang dilakukan, KD jika
kadang dilakukan, SR jika sering dilakukan dan SL jika selalu Anda lakukan!
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
||||
TP
|
JR
|
KD
|
SR
|
SL
|
||
1
|
Saya menginformasikan hal-hal yang
berkait dengan Sains kepada teman-teman jika ada kesempatan,
|
|||||
2
|
Saya menanyakan kepada guru Sains hal-hal
yang berkait dengan mata pelajaran tersebut
|
|||||
3
|
……………….
|
|||||
4
|
……………….
|
|||||
5
|
……………….
|
|||||
dst
|
……………….
|
|||||
12
|
Saya menyempatkan diri membaca
artikel/karangan di majalah/surat kabar yang berkait dengan Sains
|
|||||
13
|
Saya mendengarkan informasi di radio
hal-hal yang berkait dengan Sains
|
|||||
14
|
Saya menonton tayangan khusus yang
berkait dengan Sains seperti serial film discovery untuk flora dan fauna di
TV
|
|||||
15
|
Saya hadir setiap ada pelajaran sains di
sekolah………………
|
|||||
16
|
………………
|
|||||
17
|
………………
|
|||||
18
|
………………
|
|||||
19
|
Saya berpikir, bila ada kesempatan, saya
memilih bekerja dalam bidang Sans meskipun gajinya relatif lebih rendah
|
|||||
dst
|
dst
|
Bila formatnya diwujudkan dalam bentuk
pilihan sangat setuju sampai sangat tidak setuju, maka daftar pernyataannya
adalah sebagai berikut.
Berilah jawaban dengan memilih pilihan (membubuhkan tanda X) pada
kolom STS jika Anda sangat tidak setuju, TS jika tidak setuju, R jika
ragu-ragu, S jika setuju, dan SS jika sangat tidak setuju terhadap hal-hal di
bawah ini!
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
||||
STS
|
TS
|
R
|
S
|
SS
|
||
1
|
Secara khusus guru memberi kesempatan
agar saya dapat menginformasikan hal-hal yang berkait dengan Sains kepada
teman-teman
|
|||||
2
|
Guru memberi kesempatan/tugas kepada saya
untuk bertanya kepada
|
|||||
3
|
……………….
|
|||||
4
|
……………….
|
|||||
5
|
……………….
|
|||||
dst
|
……………….
|
|||||
12
|
Guru menugaskan pada saya untuk membuat
karangan dan membuat ringkasan dari
artikel/karangan di majalah/surat kabar yang berkait dengan Sains
|
|||||
13
|
Sekali waktu guru memberi tugas untuk
membuat rangkuman dari siaran di radio
hal-hal yang berkait dengan Sains
|
|||||
14
|
Sekali waktu guru memberi tugas untuk
membuat rangkuman tayangan khusus yang berkait dengan Sains seperti serial
film discovery untuk flora dan fauna di TV
|
|||||
15
|
Guru mempertimbangkan kehadiran saya setiap ada pelajaran sains di sekolah
sebagai bagian dari prestasi saya………………
|
|||||
16
|
………………
|
|||||
17
|
………………
|
|||||
18
|
………………
|
|||||
19
|
Saya berpikir, bila ada kesempatan, saya
diberi kewbebasan untuk bekerja dalam bidang Sans meskipun gajinya relatif
lebih rendah
|
|||||
dst
|
dst
|
Lembar observasi bentuk daftar cek (check list) untuk kemampuan berinteraksi
dalam kegiatan diskusi kelompok
No
|
Aspek yang diukur
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Rela menyatakan atau mau menerima atau
mengharap orang lain memberikan pendapat
|
||
2
|
Rela mau menerima atau mengharap orang
lain memberikan masukan
|
||
3
|
Meminta
kesempatan berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima
|
||
4
|
Rela membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk
berpendapat
|
||
5
|
Menunggu/tidak
memotong teman yang sedang berbicara/ menyamapikan pendapat
|
Jika diwujudkan
dalam bentuk skala penilaian, maka harus dibuat kriteria dari tiap skala yang
dibuat untuk setiap indikator. Misal skala atau skor 1 jika tidak muncul, skala atau skor 2 jika
sudah muncul tetapi salah, skala atau skor 3 jika sudah muncul tetapi belum
sempurna/lengkap, dan 4 bila muncul/dilakukan dengan sempurna.
Lembar observasi bentuk skala penilaian (rating scale) kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi
kelompok
No
|
Aspek yang diukur
|
Skala
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sikap siswa
dalam menerima pendapat.
|
||||
2
|
Sikap siswa
dalam menerima kritikan.
|
||||
3
|
Kesopanan dalam memberikan kritikan
kepada siswa lain.
|
||||
4
|
Kemauan untuk membantu teman yang lain
yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat.
|
||||
5
|
Kesabaran untuk
mendengarkan usul teman.
|
Keterangan:
Aspek 1:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima pendapat
teman, meskipun pendapat tersebut benar
2 = jika mau menerima pendapat teman,
meskipun dengan berat
hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak
mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau
mendengarkan pendapat teman,
meskipun sedikit kurang senang
atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan
benar
4 = jika rela
menyatakan atau mau menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
Aspek 2:
1 = jika sama sekali tidak mau menerima kritikan
teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
2 = mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan
sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
3 = jika mau menerima kritikan
teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang
lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
4 = jika rela mau menerima atau mengharap orang lain
memberikan masukan
Aspek 3
1 = jika tidak pernah/tidak
mau mendengarkan pembicaraan orang lain
2 = jika mau memberikan kritikan dengan kalimat yang
sedikit masih berkesan menyalahkan
3 =jika mau mendengarkan pendapat
orang lain, dengan meminta agar
yang disampaikan harus jelas fokusnya
4 = jika mau meminta kesempatan
berpendapat dan rela jika pendapatnya tidak diterima
Aspek 4:
1 = jika dirinyapun tidak pernah memberi pendapat
2 = jika mau memberikan
bantuan/kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi setelah diingatkan teman lain/guru
3 = jika mau membantu/memberi
kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi dengan kalimat yang bernada
menyalahkan
4 = jika rela
membantu, mendorong atau memberikan
kesempatan teman untuk berpndapat
Aspek 5:
1 = jika selalu berupaya
memotong pembicaraan teman
2 = jika sesekali masih berupaya memotong
pembicaraan teman
3 = jika mau
mendengarkan pembicaraan (informasi,
pertanyaan, argumentasi), meskipun kurang serius dalam mendengarkan
4 = jika mau mendengarkan
pembicaraan (informasi,
pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara
Jika
kemudian lembar observasi ini dilakukan oleh siswa sesama anggota kelompok,
akan dapat diubah menjadi lembar penilaian antar teman (peer assessment) dalam
format sebagai berikut.
Lembar
penilaian antar teman (peer assessment)
terhadap
kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama siswa
|
Hal yang dinilai
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
(Nama siswa yang bersangkutan)
|
||||||
2
|
(Nama siswa yang lain)
|
||||||
3
|
(Nama siswa yang lain)
|
||||||
4
|
(Nama siswa yang lain)
|
||||||
dst
|
(Nama siswa yang lain)
|
Keterangan hal yang
dinilai:
- Sikap siswa dalam
menerima pendapat orang lain yang diekspresikan dengan pernyataan mau
menerima atau mengharap orang lain memberikan pendapat
- Sikap siswa dalam
menerima kritikan. yang diekspresikan dengan pernyataan mau menerima atau
mengharap orang lain memberikan masukan
- Kesopanan dalam memberikan kritikan
kepada siswa lain yang diekspresikan dengan cara meminta kesempatan dan
rela jika pendapatnya tidak diterima
- Kerelaan membantu teman yang lain yang
mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat yang diekspresikan dengan
mendorong atau memberikan
kesempatan teman . untuk berpndapat
- Kesabaran untuk
mendengarkan usul teman yang diekspresikan dengan tidak memotong teman
yang sedang berbicara/menyamapikan pendapat
Cara menilai:
1.
Setiap
hal yang dinilai diberi nilai berupa angka 2 bila kamu rasa baik. Angka 1 bila
kamu rasa cukup, dan angka 0 jika kamu rasa jelek
2.
Berilah
nilai pada dirimu sendiri, sehingga cantumkan namamu pada nomor pertama, baru
kemudian berilah nilai kepada temanmu
3.
Jumlahlah
seluruh nilai yang telah kamuc berikan untuk masing-masing orang.
E.
Contoh Format Penilaian Kinerja
Nama Siswa:
……………… Tanggal: ……………… Kelas: ………………
Kompetensi Dasar: Mengelompokkan hewan
sesuai dengan jenis makanannya
Kelompokkanlah hewan sesuai dengan jenis
makanannya dengan menggunakan gambar.
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
TINGKAT
KEMAMPUAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
2.
3.
|
Pengelompokan
dilakukan dengan menggunakan semua indra
Uraian yang dijabarkan secara rinci
Uraian disertai diagram
|
||||
JUMLAH
|
Kriteria Penskoran Kriteria Penilaian
- Baik Sekali 4 10 – 12 A
- Baik 3 7 –
9 B
- Cukup 2 4 – 6 C
- Kurang 1 ≤
3 D
A: Pengelompokan yang
dilakukan siswa sangat baik, uraian yang dijabarkan rinci dan diperoleh dengan
menggunakan seluruh indra disertai dengan gambar-gambar atau diagram
B: Pengelompokan yang
dilakukan siswa baik, uraian yang dijabarkan kurang rinci dan diperoleh dengan
menggunakan sebagian besar indra dengan gambar-gambar atau diagram
C: Pengelompokan yang
dilakukan siswa cukup baik, uraian yang dijabarkan tidak rinci dan diperoleh
dengan menggunakan sebagian kecil indra dengan gambar-gambar atau diagram
D: Pengelompokan yang
dilakukan siswa kurang baik, uraian yang dijabarkan kurang sesuai dan diperoleh
dengan menggunakan sebagian besar indra dengan gambar-gambar atau diagram
F.
Ragam Hasil Kerja Siswa
INPUT
(Khasanah
dalam diri siswa)
|
PROSES
(Aksi yg melibatkan kecerdasan kinestetik)
|
OUTPUT
(Hasil
melalui beragam media berupa bentuk ekspresi dan produk)
|
|
¨ Pikiran
¨ Emosi
¨ Imaji
¨ Imajinasi
¨ Pengalaman
¨ Intuisi
¨ Kreativitas
¨ Rasa seni
¨ Percaya diri
¨ Talenta/bakat
¨ Keinginan
¨ Minat
¨ Ambisi
¨ Niat
|
¨ Berjalan
¨ Berlari
¨ Menulis
¨ Mengetik
¨ Melompat
¨ Melempar
¨ Menjahit
¨ Menggunakan komputer
¨ Bermain
¨ Bernyanyi
¨ Bermain musik
¨ Meniup
¨ Berdoa
¨ Berdeklamasi
¨ Mendaramakan
¨ Berpantomim
¨ Menggambar
¨ Membentuk
¨ Berolahraga
¨ Mencangkul
¨ Menggergaji
¨ Mendayung
¨ Melukis
¨ Memasak
¨ Menanam
¨ …
|
Suara/bunyi
|
Nyanyian
Musik
|
Verbal lisan
|
Doa
Deklamasi
Renungan
|
||
Verbal tulis
|
Puisi
Laporan
Paper
Cerita
Karangan
|
||
Simbol visual
|
Peta
Tabel
Grafik
Diagram
|
||
Gerak tubuh
|
Tarian
Senam
Pantomim
Aktivitas
Olahraga
Permainan
Bhs tubuh
|
||
Gambar
|
Desain
Lukisan
Poster
Komik
|
||
Benda
3 dimensi
|
Model
Alat
Patung
|
||
Tanaman &
hewan
|
Pot tanaman
Ikan
Unggas
ternak
|
G.
Klasifikasi Kata
Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
1. Menjelaskan (describe)
2. Memanggil kembali (recall)
3. Menyelesaikan / menyempurnakan (complete)
4. Mendaftarkan (list)
5. Mendefinisikan (define)
6. Menghitung (count)
7. Mengidentifikasi (identify)
8. Menceritakan (recite)
9. Menamakan (name)
Memproses (processing):
1. Mengsintesisikan (synthesize)
2. Mengelompokkan (group)
3. Menjelaskan (explain)
4. Mengorganisasikan (organize)
5. Meneliti /melakukan eksperimen (experiment)
6. Membuat analog (make analogies)
7. Mengurutkan (sequence)
8. Mengkategorisasikan (categorize)
9. Menganalisis (analyze)
10.Membandingkan (compare)
11. Mengklasifikasi (classify)
12. Menghubungkan (relate)
13. Membedakan (distinguish)
14. Menyatakan
sebab-sebab (state causality)
Menerapkan dan Mengevaluasi
1. Menerapkan
suatu prinsip (applying a principle)
2. Membuat
model (model building)
3. Mengevaluasi
(evaluating)
4. Merencanakan (planning)
5. Memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating)
6. Meramalkan (predicting)
7. Menduga / Mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring)
8. Meramalkan kejadian alam /sesuatu
(forecasting)
9. Menggeneralisasikan (generalizing)
10.Mempertimbangkan
/memikirkan kemungkinan-kemungkinan(speculating)
11. Membayangkan /mengkhayalkan (Imagining)
12.Merancang
(designing)
13.Menciptakan
(creating)
14. Menduga /membuat dugaan/kesimpulan awal
(hypothezing)
H.
Kata Kerja
Operasional sesuai dengan Karakteristik Obyek (Matapelajaran)
1. Perilaku yang Kreatif
a. Mengubah (alter)
b. Menanyakan (ask)
c. Mengubah (change)
d. Merancang (design)
e. Menggeneralisasikan (generalize)
f. Memodifikasi (modify)
g. Menguraikan dengan kata-kata sendiri
(paraphrase)
h. Meramalkan (predict)
i. Menanyakan (question)
j. Menyusun kembali (rearrange)
k. Mengkombinasikan kembali (recombine)
l. Mengkonstruk kembali (reconstruct)
m. Mengelompokkan kembali (regroup)
n. Menamakan kembali (rename)
o. Menyusun kembali (reorder)
p. Mengorganisasikan kembali (reorganize)
q. Mengungkapkan kembali (rephrase)
r. Menyatakan kembali (restate)
s. Menyusun kembali (restructure)
t. Menceritakan kembali (retell)
u. Menuliskan kembali (rewrite)
v. Menyederhanakan (simplify)
w. Mengsintesis (synthesize)
x. Mengsistematiskan (systematize)
2. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan
bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental
behaviors)
a. Menganalisis
(analyze)
b. Menghargai
(appraise)
c. Menilai
(assess)
d. Mengkombinasikan
(combine)
e. Membandingkan
(compare)
f. Menyimpulkan (conclude)
g. Mengkontraskan (contrast)
h. Mengkritik (critize)
i. Menarik kesimpulan (deduce)
j. Membela/mempertahankan (defend)
k. Menunjukkan / menandakan (designate)
l. Menentukan (determine)
m. Mencari /menjelajah (discover)
n. Mengevaluasi (evaluate)
o. Merumuskan (formulate)
p. Membangkitkan/menghasilkan /menyebabkan (generate)
q. Membujuk/menyebabkan (induce)
r. Menduga/Mengemukan pendapat/mengambil kesimpulan (infer)
s. Merencanakan (plan)
t. Menyusun (structure)
u. Menggantikan (substitute)
v. Menyarankan (suggest)
3. Perilaku-perilaku
yang Membedakan-bedakan secara umum (General Discrimination behaviors)
a. Memilih (choose)
b. Mengumpulkan (collect)
c. Mendefinisikan (define)
d. Menjelaskan sesuatu (describe)
e. Mendeteksi
(detect)
f. Membedakan
antara 2 macam (differentiate)
g. Membedakan/Memilih-milih
(discriminate)
h. Membedakan
sesuatu (distinguish)
i. Mengidentifikasi
(identify)
j. Mengindikasi
(indicate)
k. Mengisolasi (isolate)
l. Mendaftarkan (list)
m. Memadukan (match)
n. Meniadakan (omit)
o. Mengurutkan (order)
p. Mengambil (pick)
q. Menempatkan
(place)
r. Menunjuk
(point)
s. Memilih
(select)
t. Memisahkan (separate)
4. Perilaku-perilaku
Sosial
a. Menerima (accept)
b. Mengakui/menerima sesuatu (admit)
c. Menyetujui (agree)
d. Membantu
(aid)
e. Membolehkan/menyediakan/
memberikan (allow)
f. Menjawab
(answer)
g. Menjawab/mengemukakan
pendapat dengan alasan-alasan (argue)
h. Mengkomunikasikan (communicate)
i. Memberi pujian/ mengucapkan selamat (compliment)
j. Menyumbang
(contribute)
k. Bekerjasama
(cooperate)
l. Berdansa
(dance)
m. Menolak
/menidaksetujui (disagree)
n. Mendiskusikan
(discuss)
o. Memaafkan
(excuse)
p. Memaafkan
(forgive)
q. Menyambut/
menyalami (greet)
r. Menolong/membantu
(help)
s. Berinteraksi/melakukan
interaksi (interact)
t. Mengundang
(invite)
u. Menggabung
(joint)
v. Menertawakan (laugh)
w. Menemukan (meet)
x. Berperanserta (participate)
y. Mengizinkan/membolehkan (permit)
z. Memuji-muji (praise)
aa. Bereaksi (react)
ab. Menjawab/menyahut (reply)
ac. Tersenyum (smile)
ad. Berbicara (talk)
ae.Berterimakasih
(thank)
af.
Berkunjung (visit)
ag.Bersukarela
(volunteer)
5. Perilaku-perilaku
berbahasa
a. Menyingkat/memendekkan (abbreviate)
b. Memberi tekanan pada sesuatu /menekankan (accent)
c. Mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
d. Mengartikulasikan/ mengucapkan kata-kata dengan jelas (articulate)
e. Memanggil (call)
f. Menulis dengan huruf besar (capitalize)
g. Menyunting (edit)
h. Menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
i. Memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan (indent)
j. Menguraikan / memperlihatkan garis bentuk/ menggambar denah atau
peta (outline)
k. Mencetak (print)
l. Mengucapkan/melafalkan/ menyatakan (pronounce)
m. Memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
n. Membaca (read)
o. Mendeklamasikan/ membawakan/menceritakan (recite)
p. Mengatakan (say)
q. Menandakan (sign)
r. Berbicara (speak)
s. Mengeja (spell)
t. Menyatakan (state)
u. Menyimpulkan (summarize)
v. Membagi atas suku-suku kata (syllabicate)
w. Menceritakan (tell)
x. Menerjemahkan (translate)
y. Mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
z. Membisikkan (whisper)
aa. Menulis (write)
6. Perilaku-perilaku
Musik
a. Meniup (blow)
b. Menundukkan kepala (bow)
c. Bertepuk (clap)
d. Menggubah /menyusun (compose)
e. Menyentuh (finger)
f. Memadankan/berpadanan (harmonize)
g. Menyanyi kecil/bersenandung (hum)
h. Membisu
(mute)
i. Memainkan
(play)
j. Memetik
(misal gitar) (pluck)
k. Mempraktikkan
(practice)
l. Menyanyi
(sing)
m. Memetik/mengetuk-ngetuk
(strum)
n. Mengetuk
(tap)
o. Bersiul
(whistle)
7. Perilaku-perilaku Fisik
a. Melengkungkan (arch)
b. Memukul (bat)
c. Menekuk/melipat/ membengkokkan (bend)
d. Mengangkat/membawa
(carry)
e. Menangkap
(catch)
f. Mengejar/memburu
(chase)
g. Memanjat
(climb)
h. Menghadap
(face)
i. Mengapung
(float)
j. Merebut/menangkap/ mengambil (grab)
k. Merenggut/memegang/ menyambar/merebut (grasp)
l. Memegang erat-erat (grip)
m. Memukul/menabrak (hit)
n. Melompat/meloncat (hop)
o. Melompat (jump)
p. Menendang (kick)
q. Mengetuk (knock)
r. Mengangkat/mencabut (lift)
s. Berbaris (march)
t. Melempar/memasangkan/ memancangkan/menggantungkan
(pitch)
u. Menarik (pull)
v. Mendorong (push)
w. Berlari (run)
x. Mengocok (shake)
y. Bermain ski (ski)
z. Meloncat (skip)
aa. Berjungkirbalik (somersault)
ab. Berdiri (stand)
ac.Melangkah
(step)
ad.Melonggarkan/merentangkan
(stretch)
ae. Berenang (swim)
af. Melempar (throw)
ag. Melambungkan/melontarkan (toss)
ah.Berjalan (walk)
8. Perilaku-perilaku
Seni
a. Memasang (assemble)
b. Mencampur (blend)
c. Menyisir/menyikat (brush)
d. Membangun (build)
e. Mengukir (carve)
f. Mewarnai (color)
g. Mengkonstruk/ membangun(construct)
h. Memotong (cut)
i. Mengoles (dab)
j. Menerangkan(dot)
k. Menggambar (draw)
l. Mengulang-ulang/melatih (drill)
m. Melipat (fold)
n. Membentuk (form)
o. Menggetarkan/memasang (frame)
p. Memalu (hammer)
q. Menangani (handle)
r. Menggambarkan (illustrate)
s. Mencair (melt)
t. Mencampur (mix)
u. Memaku (nail)
v. Mengecat (paint)
w. Melekatkan/menempelkan/ merekatkan (paste)
x. Menepuk (pat)
y. Menggosok (polish)
z. Menuangkan (pour)
aa. Menekan (press)
ab. Menggulung (roll)
ac.Menggosok/
menyeka(rub)
ad.Menggergaji
(saw)
ae. Memahat (sculpt)
af. Menyampaikan/melempar (send)
ag.
Mengocok (shake)
ah. Membuat sketsa (sketch)
ai.
Menghaluskan (smooth)
aj.
Mengecap/menunjukkan (stamp)
ak.
Melengketkan (stick)
al. Mengaduk (stir)
am.Meniru/menjiplak
(trace)
an. Menghias/memangkas (trim)
ao.
Merengas/memvernis (varnish)
ap.
Menyeka/menghapuskan/ membersihkan (wipe)
aq.
Membungkus (wrap)
9. Perilaku-perilaku
Drama
a. Berakting/berperilaku (act)
b. Menjabat/mendekap/ menggengam (clasp)
c. Menyeberang/melintasi/ berselisih (cross)
d. Menunjukkan/mengatur/ menyutradarai (direct)
e. Memajangkan (display)
f. Memancarkan (emit)
g. Memasukkan (enter)
h. Mengeluarkan (exit)
i. Mengekspresikan (express)
j. Meniru (imitate)
k. Meninggalkan (leave)
l. Menggerakkan (move)
m. Berpantomim/Meniru gerak tanpa suara
(pantomime)
n. Menyampaikan/menyuguhkan/ mengulurkan/melewati(pass)
o. Memainkan/melakukan (perform)
p. Meneruskan/memulai/beralih (proceed)
q. Menanggapi/menjawab/ menyahut (respond)
r. Memperlihatkan/Menunjukkan (show)
s. Mendudukkan (sit)
t. Membalik/memutar/ mengarahkan/mengubah/ membelokkan (turn)
10. Perilaku-perilaku
Matematika
a. Menambah (add)
b. Membagi dua (bisect)
c. Menghitung/mengkalkulasi (calculate)
d. Mencek/meneliti (check)
e. Membatasi (circumscribe)
f. Menghitung/mengkomputasi (compute)
g. Menghitung (count)
h. Memperbanyak (cumulate)
i. Mengambil dari (derive)
j. Membagi (divide)
k. Memperkirakan (estimate)
l. Menyarikan/menyimpulkan (extract)
m. Memperhitungkan (extrapolate)
n. Membuat grafik (graph)
o. Mengelompokkan (group)
p. Memadukan/mengintegrasikan (integrate)
q. Menyisipkan/menambah (interpolate)
r. Mengukur
(measure)
s. Mengalikan/memperbanyak
(multiply)
t. Menomorkan (number)
u. Membuat peta (plot)
v. Membuktikan (prove)
w. Mengurangi (reduce)
x. Memecahkan (solve)
y. Mengkuadratkan(square)
z. Mengurangi
(substract)
aa. Menjumlahkan
(sum)
ab. Mentabulasi
(tabulate)
ac.Mentally (tally)
ad.Memverifikasi (verify)
11. Perilaku-perilaku
Sains
a. Menjajarkan (align)
b. Menerapkan (apply)
c. Melampirkan (attach)
d. Menyeimbangkan (balance)
e. Mengkalibrasi (calibrate)
f. Melaksanakan (conduct)
g. Menghubungkan
(connect)
h. Mengganti
(convert)
i. Mengurangi
(decrease)
j. Mempertunjukkan/
memperlihatkan (demonstrate)
k. Membedah
(dissect)
l. Memberi
makan (feed)
m. Menumbuhkan
(grow)
n. Menambahkan/meningkatkan
(increase)
o. Memasukkan/menyelipkan
(insert)
p. Menyimpan
(keep)
q. Memanjangkan
(lenghthen)
r. Membatasi (limit)
s. Memanipulasi (manipulate)
t. Mengoperasikan (operate)
u. Menanamkan (plant)
v. Menyiapkan (prepare)
w. Menghilangkan (remove)
x. Menempatkan (replace)
y. Melaporkan (report)
z. Mengatur ulang (reset)
aa. Mengatur (set)
ab. Menentukan/menetapkan (specify)
ac. Meluruskan (straighten)
ad. Mengukur waktu (time)
ae. Mentransfer
(transfer)
af. Membebani/memberati
(weight)
12. Perilaku-perilaku
Penampilan Umum, Kesehatan, dan Keamanan
a. Mengancingi
(button)
b. Membersihkan
(clean)
c. Menjelaskan
(clear)
d. Menutup
(close)
e. Menyikat/menyisir(comb)
f. Mencakup
(cover)
g. Mengenakan/menyarungi (dress)
h. Minum (drink)
i. Makan (eat)
j. Menghapus (eliminate)
k. Mengosongkan
(empty)
l. Mengetatkan/melekatkan
(fasten)
m. Mengisi/memenuhi/melayani /membuat (fill)
n. Melintas/berjalan
(go)
o. Mengikat tali/menyusuri (lace)
p. Menumpuk/menimbun (stack)
q. Berhenti (stop)
r. Merasakan (taste)
s. Mengikat/membebat (tie)
t. Tidak mengancingi (unbutton)
u. Membuka/menanggalkan (uncover)
v. Menyatukan (unite)
w. Membuka(unzip)
x. Menunggu
(wait)
y. Mencuci
(wash)
z. Memakai (wear)
aa. Menutup (zip)
13.
Perilaku-perilaku Lainnya
a. Bertujuan
(aim)
b. Mencoba
(attempt)
c. Memulai
(begin )
d. Membawakan
(bring )
e. Mendatangi
(come )
f. Menyelesaikanmemenuhi
(complete)
g. Mengkoreksi/membenarkan
(correct)
h. Melipat
(crease)
i. Memeras
buah/ menghancurkan (crush)
j. Mengembangkan
(develop)
k. Mendistribusikan (distribute)
l. Melakukan (do)
m. Menjatuhkan (drop)
n. Mengakhiri (end)
o. Menghapus (erase)
p. Memperluas (expand)
q. Memperpanjang (extend)
r. Merasakan (feel)
s. Menyelesaikan (finish)
t. Menyesuaikan/ memadankan(fit)
u. Memperbaiki (fix)
v. Mengibas/melambungkan/ menjentik (flip)
w. Mendapatkan (get)
x. Memberikan (give)
y. Menggiling/ memipis/ mengasah (grind)
z. Membimbing /memandu (guide)
aa. Memberikan menyampaikan (hand)
ab. Menggantung (hang)
ac. Menggenggam/
memegang(hold)
ad. Mengail/memancing/menjerat
/mengait (hook)
ae. Memburu (hunt)
af. Memasukkan/melibatkan (include)
ag. Memberitahu (inform)
ah. (keneel)
ai. Meletakkan/memasang (lay)
aj. Memimpin (lead)
ak. Meminjam (lend)
al.
Membiarkan/memperkirakan (let)
am.Menyalakan/menerangi
(light)
an. Membuat (make)
ao. Memperbaiki/menambal (mend)
ap. Tidak mengena/ tidak
paham (miss)
aq. Menawarkan (offer)
ar. Membuka
(open)
as. Membungkus/mengepak (pack)
at. Membayar (pay)
au. Mengupas/menguliti (peel)
av. Menyematkan/menjepit/ menggantungkan
(pin)
aw.Menempatkan/mengatur posisi (position)
ax. Menyajikan/memperkenalkan (present)
ay. Menghasilkan
(produce)
az. Mengusulkan (propose)
ba. Menyediakan (provide)
bb. Meletakkan (put)
bc.
Mengangkat/membangkitkan (raise )
bd. Menghubungkan
(relate)
be. Memperbaiki (repair)
bf. Mengulang (repeat)
bg. Mengembalikan (return)
bh. Mengendarai (ride)
bi. Menyobek/mengoyakkan (rip)
bj. Menyelamatkan (save)
bk. Menggaruk/menggores (scratch)
bl. Mengirim (send)
bm.Melayani/memberikan
(serve)
bn. Menjahit (sew)
bo. Membagi (share)
bp. Menajamkan (sharpen)
bq. Menembak (shoot)
br. Memperpendek (shorten)
bs. Menyekop/menyodok (shovel)
bt. Menutup/membuang (shut)
bu.Menandakan/mengartikan / memberitahu
(signify)
bv.Meluncur (slide)
bw.Menyelipkan (kertas) (slip)
bx.Membentangkan / menyebarkan (spread)
by. Memancangkan/
mempertaruhkan (stake)
bz. Memulai
(start)
ca.Menyimpan (store)
cb.Memukul/menabrak/
menyerang (strike)
cc.Memasok (supply)
cd. Mendukung
(support)
ce. Mengganti
(switch)
cf. Mengambil
(take)
cg. Merobek/mengoyak
(tear)
ch. Menyentuh
(touch)
ci. Mencoba
(try)
cj. Memintal/memilin/menjalin (twist)
ck. Mengetik (type)
cl. Menggunakan (use)
cm.Memilihmemberi suara
(vote)
cn.Memperhatikan/menonton
(watch)
co. Menenun/menganyam/ merangkai/menyelip (weave)
cp. Mengerjakan
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar