Arsip Blog

Memahami Bahan Kimia Policlorinated Biphenylys (PCBs)


A.    PENGENALAN
Polychlorinated biphenyls (PCBs) adalah suatu substansi kimia organik sintetis yang dikenal sebagai hydrocarbon chlorinated. PCBs bersifat persisten jika dilepaskan ke lingkungan karena ketahanannya terhadap proses metabolisme yang dapat memecahkan mereka ke bentuk komposisi kimia yang lebih sederhana. Solubilitasnya yang rendah di air menyebabkan PCBs terkamulasi dalam jaringan lemak manusia dan hewan. PCBs dikenal menyebabkan efek kronik pada organ reproduksi, kekacauan pencernaan, dan luka pada hewan laboratorium/percobaan. Sebagai tambahan EPA mencurigai PCBs sebagai karsinogen pada manusia.
Untuk mengurangi petonsi efek balik terhadap kesehatan manusia, Kogres memberikan TSCA (Toxic Substance Control Act) yang secara ketat mengatur penggunaan dalam semua aspek PCBs dan substansi lainnya. TSCA juga mengurangi produksi PCBs sebagai suatu produk yang tidak murni.
Dalam dokumen ini diberikan cara pengaturan untuk Lawrwnce Livermore National Laboratory (LLNL) sendiri pada :
·         Identifikasi, pemberian label, dan manajemen PCBs dan material yang terkontaminasi PCBs
·         Respon terhadap tumpahnya PCBs
·         Penggunaan PCBs dalam program penelitian
·         Pemeliharaan penyimpanan PCBs dan material yang terkontaminasi PCBs
Oleh hukum, generator bahan buangan diperlukan untuk memastikan label yang tepat diletakkan pada barang PCBs, termasuk peralatan yang terdiri atas PCB yang akan tersebar sebagai bahan buangan. Pemilik barang-barang dan peralatan PCBs sangat bertanggungjawab dalam memastikan identifikasi terhadap PCbs, umumnya melalui analisis laboratorium jika sebelumnya tidak diberi label oleh pembuatnya.

B.     Dimana PCBs Ditemukan
Sebelum peraturan federal mengurangi produksi dan penggunaan PCB, PCBs umumnya banyak digunakan dalam beberapa produk komersial, termasuk :

  • Adhesives
  • Transformers
  • Large, high- and low-voltage capacitors
  • Liquid-cooled electric motors
  • Hydraulic systems
  • Heat-transfer systems
  • Fluorescent light ballasts
  • Electromagnets
  • Liquid-filled cable
  • Gasketing and dampening felt
  • Microscopy mounting media and immersion oil
  • Switches
  • Voltage regulators
  • Vacuum pumps
  • Microwave ovens
  • Electronic equipment

Banyak dari barang atau peralatan ini yang dulunya digunakan sekarang dibawah otoritas peraturan federal dan negara. Penggunaan PCB hanya dibolehkan dibawah kondisi tertentu dalam skenario yang terbatas. Karena PCBs digunakan secara meluas dalam peralatan yang sampai sekarang masih tersedia, buangan minyak dari peralatan semacam ini mengandung konsentrasi PCB yang dapat dideteksi.
C.     LABELLING DAN MANAJEMEN PCBs
  1. Pemberian Label
Jika barang-barang yang mengandung PCBs tidak diberi label oleh pembuatnya, pemilik dari barang-barang tersebut membutuhkan kepastian bahwa barang-barang tersebut mengandung atau tidak mengandung PCBs. Pemiliknya membutuhkan label untuk barang-barang yang mengandung PCB berikut, berdasarkan klasifikasinya :
·         Kontainer PCB
·         Transformer PCB
·         Kapasitor PCB voltase besar, tinggi dan rendah ketika dipindahkan dari service (peralatannya)
·         Motor listrik yang menggunakan PCB sebagai pendingin
·         Sistem hidrolik PCB
·         Sistem transfer panas PCB
·         Kontainer barang PCB
·         Area penyimpanan PCB
·         Kendaraan transport PCB
  1. Bahan Berbahaya
1)      Latar Belakang
Antara tahun 1926 dan 1977, PCBs mengandung produk-produk yang diproduksi untuk penggunaan yang stabil, tahan terhadap api, dan digunakan dalam transfer panas. Pengunaan yang terbesar dari PCBs adalah dari fluida dielektrik. Seperti fluida yang mempunyai karakter khusus yaitu : nampak mengandung banyak minyak, titik didih tinggi, stabilitas kimia tinggi, titik cahaya, konduktivitas elektrik rendah, dan solubilitas dalam air rendah. PCBs juga digunakan bahan plastik dan aditif dalam minyak pelumas dan cairan pemotong.
2)      Klasifikasi PCBs
PCBs terdiri atas material-material yang diklasifikasikan menurut konsentrasi PCBs yang ada. Ada tiga klasifikasi dari material-material yang mengandung PCBs :
·         PCB
≥ 500 ppm
·         Kontaminasi – PCB
·         Regulasi federal - TSCA
·         Regulasi – State California
≥ 5 sampai <>
≥ 50 ppm
≥ 5 sampai 49 ppm
·                      Non PCB
<> 
Pencampuran antara material-material yang mengandung PCBs sangat dibutuhkan untuk klasifikasi pada konsentrasi tinggi yang telah tercampur. Sifat mudah mencair dari PCBs
dalam hasil percampuran dicegah oleh ketentuan anti-pencairan TCSA. Bagaimanpun
pencairan yang tidak disengaja dibolehkan dalam konsisi tertentu. Tolong perhatikan Tim Analis Lingkungan ES dan H untuk petunjuk tambahan.
Peraturan Federal dan California (CA) berbeda pada klasifikasi untuk buangan PCB. Dibawah peraturan federal, bahan buangan PCBs dengan konsentrasi kurang dari 50 ppm mungkin ditetapkan sebagai buangan non PCBs, sedangkan dibawah peraturan Negara Bagian California, buangan PCBs membutuhkan konsentrasi kurang dari 5 ppm untuk ditetapkan sebagai buangan non PCBs.
3)      Identifikasi Material PCB
Ada lebih dari 200 isomer PCB dan senyawa-senyawanya yang beraneka ragam dari yang bergerak, cairan berminyak ke putih, padatan kristalin dan resin keras. PCBs akan sulit untuk dibedakan tanpa menggunakan metode analitik. Teknik screening dapat dipakai untuk menguji kehadiran klorin, tapi analisis laboratorium diperlukan untuk mengidentifikasi PCBs dan konsentrasi PCB. Kesulitan dalam identifikasi PCBs ditekankan pada pentingnya labeling alat dan material-material yang terkontaminasi olehnya dari awal. Material PCB dibagi kedalam dua kelompok dengan peraturan : PCBs dan barang-barang PCB. Barang-barang PCB selanjutnya dibagi lagi ke dalam empat kelompok, yaitu :
1. Barang PCB                              2.  Kontainer PCB
3. Barang-kontainer PCB              4.  Peralatan PCB
Ketika hasil analitik mengidentifikasi barang-barang yang mengandung konsentrasi PCB, pemiliknya harus menulis konsentrasi tersebut dengan tinta yang permanen pada label. Jika peralatan ditentukan memiliki konsentrasi PCBs kurang dari 5 ppm, label “Non PCB” seharusnya ditambahkan ke peralatan tersebut. Pemberian label juga dibutuhkan oleh barang-barang diatas yang tidak mengandung PCBs. Kapasitor voltase besar, tinggi dan rendah; kapasitor rendah yang biasanya digunakan dalam sirkuit arus bolak-balik, Fluorescent light ballasts dan semua yang tidak mengandung konsentrasi PCBs harus diberi label “No PCBs” oleh pembuatnya jika dibuatnya setelah 1 Juli 1978.
Jika PCB yang dipindahkan dari peralatannya (service), pemilik barang atau container PCB sebaiknya memberi label dengan menyertakan tanggal ketika dipindahkan dari peralatannya. Sebagai tambahan, pemberian label untuk regulator (alat pengatur) yang lain, penggunaannya tergantung pada isi dari container.
Pemilik barang-barang PCB dapat memperoleh standar PCB, kontaminasi PCB, dan label Non PCB melalui LLNL Material Distribution Department (Stores).
a)      Mengelola Peralatan Yang Tidak Teridentifikasi
Status untuk setiap peralatan tanpa label yang diduga mengadung PCB seharusnya dideterminasi melalui analisa laboratorium, dari pelat nama peralatan, atau dengan mendapatkannya dari Lembaran Data Keamanan Material . Pengangkut dengan pelat nama terutama 1978 diduga untuk PCB. Setelah mendeterminasi konsentrasi PCB, pemilik harus membubuhkan label yang tepat ( PCB, Terkontaminasi PCB, atau Non PCB) pada peralatan itu. Beberapa diantaranya seperti capacitor, elektomagnet, saklar, pengatur voltase,circuit breakers, dan Peralatan listrik terkontaminasi PCB, tidak diperlukan identifikasi dan pelabelan seperti untuk penggunaan terus menerus. Konsentrasi PCB dalam peralatan listrik yang berisi minyak ( misalnya transformer, dan kapasitor) mungkin dideterminasi dengan tanggal pembuatan, tipe cairan dieletrik, dan volume cairan yang terkandung dalam peralatan tersebut. Konsentrasi semua limbah PCB diharuskan untuk diketahui secara analitis atau metoda lain untuk pembuangannya.

b)     Mengelola Peralatan PCB
Peraturan mengharuskan pengelolaan PCB secara berbeda tergantung pada jenis peralatan. Peraturan membagi peralatan PCB dalam berbagai tipe :
·   Transformer
·   Kapasitor
·   Ballast Lampu Listrik
·   Electromagnet,saklar, dan pengatur voltase
·   Lain-lain
Untuk mentaati hukum Federal, LLNL disarankan untuk memelihara dan pembaruan tahunan inventory semua PCB untuk jenis on-site. Divisi teknik pabrik untuk pemeliharaan dan operasi bertanggung jawab untuk memelihara inventory tahunan. Beritahukan Tim ES&H analis Lingkungan anda tentang setiap peralatan PCB penemuan baru dan tanpa label untuk dimasukkan dalam daftar inventoris.
c)      Menghindari Kontaminasi Radioaktif Pada Peralatan PCB
Pemakai peralatan PCB disarankan untuk melaksanakan semua pencegahan yang perlu untuk mencegah kontaminasi radioaktif dari PCB. Ada beberapa pilihan cara pembuangan termasuk untuk PCB radioaktif.
D.    PEMERIKSAAN PERALATAN PCB
Pemilik perlatan PCB spesifik pada LLNL bertanggungjawab untuk mengarahkan pemeriksaan peralatan beradarkan peraturan dan untuk memelihara daftar pemeriksaan peralatan. Tabel 1 memperlihatkan bahwa frekuensi pemeriksan yang diminta dan direkomendasikan untuk peralatan PCB dan terkontaminasi PCB. Pemeriksaan kuartal yang disarankan mungkin diarahkan pada waktu setiap periode tida bulanan ( Januari-Maret, April-Juni,Juli-September,Oktober-Desember), dengan menyediakan minimum 30 hari diantara pemeriksaan pertama dan selanjutnya.

Table 1 Frekuensi Pemeriksaan
Uraian Peralatan
Frekuensi Pemeriksaan
Trafo PCB
Disarankan kuartal
Trafo terkontaminasi PCB
Diperbolehkan kuartal
Kapasitor PCB
Diperbolehkan tahunan
Electomagnet,saklar,dan regulator voltase PCB
Disarankan mingguan bila dekat makanan atau …., selain itu diperbolehkan kuartal
Electomagnet,saklar,dan regulator voltase terkontaminasi PCB
Diperbolehkan kuartal
Kapasitor PCb dalam jumlah banyak disimpan untuk pembuangan
Disarankan mingguan
Kontainer PCB dan barang yang disimpan untuk dibuang
Disarankan bulanan
Bila peralatan PCB dan terkontaminasi PCB diperiksa, pemilik harus cek pelabelan yang benar seperti yang disarankan. Cari indikasi yang menunjukkan adanya kebocoran, seperti:
  • Noda karat minyak pada peralatan
  • Bekas pengelapan pada peralatan
  • Kerusakan fisik secara keseluruhan
Pemeriksaan visual tidak disarankan setiap saat atau kegiatan, tapi pemeriksaan buku harus tetap dilakukan oleh pemiliki Peralatan untuk didokumentasikan pada pemeriksa. Pada minimum, buku pemeriksaan mencantumkan tnggal dan waktu pemeriksaan, nama pemeriksa , dan temuan. Temuan harus diikuti dengan tidnakan perbaikan yang diambil dan tanggal perbaikan dilengakpi. Pemeriksa harus menandatangani semua bagian buku. Catatan pada pemeriksa akan dihilangkan setidaknya 3 tahun setelah pembuangan peralatan PCB.

E.     CARA TANGGAP TERHADAP TUMPAHAN
Bila terjadi tumpahan material PCB, pelarut yang ditentukan dipakai untuk dekontaminasi, dan standar spesifik dekontaminasi disarankan untuk dilakukan dan didokumentasikan dengan analisis. Tumpahan kecil material PCB harus diremediasi hanya oleh teknisi HWM ( Hazardous Waste Managements) pada EPD dengan panduan dari Tim ES&H. Teknisi HWM dilatih untuk menangani limbah PCB dan mentaati TSCA saran pembersihan. Pembersihan sisa PCB harus dilakukan sesegera mungkin , tapi tidak kurang dari 24 jam setelah penemuan tumpahan.
Bila tumpahan PCB besar, atau ada pekerja yang cedera atau terkontaminasi, segera hubungi nomor emergensi laboratorium 911 atau ext 2-7333 pada Livermore atau 911 ext 3-5333 pada Situs 300. Dinas Pemadam Kebakaran LLNL mengoperasikan truk Haz Mat untuk menanggapi tumpahan mayor. Akses kepada daerah tumpahan harus diawasi untuk mencegah paparan tak terduga terhadap pelintas.
F.     PEMBUANGAN MATERIAL PCB
Pembuangan PCb dan terkontaminasi PCB harus dikoordinasikan melalui HWM. PCB dan terkontaminasi PCB disarankan dibuang dalam 1 tahun dari tanggal barang itu dinyatakan sebagai limbah atau tidak lagi digunakan. PCB dan terkontaminasi PCB yang disimpan untuk dibuang, harus disimpan pada fasilitas HWM dan harus dikapalkan ke fasilitas pembuangan yang disetujui dalam 9 bulan pemindahan. Penyimpanan sementara dari PCb dan terkontaminasi PCb umumnya dapat dilakukan di WAA untuk 30 hari. Peraturan baru TSCA membolehkan 30 hari penyimpanan untuk setiap limbah PCB, pada konsentrasi berapapun. Perhatikan bahwa ini adalah waktu tersingkat daripada limbah berbahaya lain yang dapat disimpan di WAA. Beritahukan teknisi HWM anda dan tim ES&H, bila PCB yang terkontaminasi PCB harus dibuang.
G.    Penelitian dan Pengembangan PCB
Penelitian dan Pengembangan produk PCB diperlambat, walaupun eksperimen ilmu pengetahuan dan analisis yang menggunakan PCB diijinkan. PCB mungkin dibeli dengan tutup yang rapat dalam wadah ukuran kurang dari 5 mL. Pembuatan, proses, dan distribusi PCB untuk riset dan pengembangan diperbolehkan dengan pengecualian khusus yang diberkan oleh EPA.
Penggunaan PCB di Laboratorium untuk riset dan pengembangan diperbolehkan untuk melayani kandungan tumpahan dan label yang sesuai untuk semua material PCB. Limbah PCB timbul timbul selama kegiatan riset harus disimpan kemudian dibuang secara baik. Beritahu teknisi HWM dan Tim ES&H bila limbah PCB akan dibuang. Pembukuan laporan yang spesifik dan dokumentasi harus dilakukan. Pembuangan limbah PCB dan terkontaminasi PCB harus dikoordinasikan melalui HWM. Jika anda mau membeli atau membaung material PCB, anda harus melaporkan pada ES&H.

H.    PENYIMPANAN LAPORAN YANG DISARANKAN
Peraturan PCB meminta pemisahan 7 jenis laporan dan catatan yang berbeda dan dilakukan terhadap PCB dan material terkontaminasi PCB. HWM dan PRAG of EPD bertanggungjawab terhadap pembuatan laporan yang diminta, dengan pengecualian pada buku log pemeriksaan. PRAG bertanggungjawab untuk melaksanakan laporan. Pemilik Peralatan PCB bertanggungjawab untuk menunjukkan pemeriksaan Peralatan dan memelihara buku log pemeriksaan peralatan. Appendix B : memberikan informasi lebih jauh mengacu pada laporan yang diminta dilaksanakan oleh EPD.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger