Arsip Blog

Pengertian / Definisi Belajar



Definisi belajar menurut Sardiman (2006:20) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan. Belajar adalah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif (Muhibbin 9 Syah, 2010: 90). Proses belajar ini dapat terjadi dimanapun dan kapanpun selama terjadi proses transfer ilmu. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya (Azhar Arsyad, 2009:1).
Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (Learning is defined as the modiofication or strengthening) (Hamalik, 2005:27). Artinya, belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Siswa benar-benar mengalami obyek belajar itu sendiri. Namun untuk menghadirkan semua pengalaman itu tentu bukan hal yang mudah, dalam tataran yang lebih sederhana dapat dilakukan dengan simulasi.
Secara umum tujuan belajar ada tiga yaitu: untuk mendapatkan pengetahuan, penanaman konsep, dan keterampilan serta pembentukan sikap (Sardiman, 2006:24-28).
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger