Arsip Blog

Contoh Masalah, Rumusan, dan Hipotesis Tindakan Pada Penelitian TIndakan Kelas (PTK)

No
Masalah
Rumusan
Hipotesis Tindakan
1.
rendahnya kemampuan mengajukan pertanyaan kritis di kalangan siswa
siswa semester 5 mestinya telah mampu mengajukan pertanyaan yang kritis, tetapi dalam kenyataannya pertanyaan mereka lebih bersifat klarifikasi
Jika tingkat kekritisan pertanyaan siswa dijadikan penilaian kualitas partisipasi mereka setelah diberi contoh dengan pembahasannya, kemampuan mengajukan pertanyaan kritis mereka akan meningkat.
2.
rendahnya ketaatan staf pada perintah atasan
Staf di kantor ini mestinya melakukan apa yang diperintahkan atasannya, tetapi dalam kenyataanya mereka sering sekali melakukan hal-hal yang tidak diperintahkan
Jika diterapkan sanksi terhadap ketidaktaatan terhadap perintah atasan setelah dibahasa akibat buruknya, ketaatan staf terhadap perintah atasan akan meningkat.
 3.
rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dan rendahnya motivasi belajar mereka
siswa kelas bahasa Inggris mestinya terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar menggunakan bahasa Inggris lewat kegiatan yang menyenangkan sehingga motivasi belajarnya tinggi, tetapi dalam kenyataan mereka kurang sekali terlibat sehingga motivasi mereka rendah.
Dengan kegiatan yang menyenangkan dimana mereka belajar menggunakan bahasa Inggris, keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar akan meningkat, dan begitu juga motivasi belajar mereka.
 4.
rendahnya kualitas siswa mengerjakan tugas
Kualitas siswa dalam mengerjakan tugas meningkat jika dalam penilaian akahir bobot tugas ditingkatkan dan setiap tugas diberi umpan balik.
Dalam kontrak perkuliahan tugas diberi bobot 15% serta tugas diberi umpan balik dan penilaian, sehingga kualitas tugas akan semaikin meningkat.

Artikel Terkait

0 komentar :

Poskan Komentar

Loading...
 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger