No
|
Masalah
|
Rumusan
|
Hipotesis
Tindakan
|
1.
|
rendahnya kemampuan mengajukan pertanyaan kritis di kalangan siswa
|
siswa semester 5 mestinya telah mampu mengajukan pertanyaan yang kritis,
tetapi dalam kenyataannya pertanyaan mereka lebih bersifat klarifikasi
|
Jika tingkat kekritisan pertanyaan siswa dijadikan penilaian kualitas
partisipasi mereka setelah diberi contoh dengan pembahasannya, kemampuan
mengajukan pertanyaan kritis mereka akan meningkat.
|
2.
|
rendahnya ketaatan staf pada perintah atasan
|
Staf di kantor ini mestinya melakukan apa yang diperintahkan atasannya,
tetapi dalam kenyataanya mereka sering sekali melakukan hal-hal yang tidak
diperintahkan
|
Jika diterapkan sanksi terhadap ketidaktaatan terhadap perintah atasan
setelah dibahasa akibat buruknya, ketaatan staf terhadap perintah atasan akan
meningkat.
|
3.
|
rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dan
rendahnya motivasi belajar mereka
|
siswa kelas bahasa Inggris mestinya terlibat secara aktif dalam kegiatan
belajar menggunakan bahasa Inggris lewat kegiatan yang menyenangkan sehingga
motivasi belajarnya tinggi, tetapi dalam kenyataan mereka kurang sekali
terlibat sehingga motivasi mereka rendah.
|
Dengan kegiatan yang menyenangkan dimana mereka belajar menggunakan
bahasa Inggris, keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar akan meningkat, dan
begitu juga motivasi belajar mereka.
|
4.
|
rendahnya kualitas siswa mengerjakan tugas
|
Kualitas siswa dalam mengerjakan tugas meningkat jika dalam penilaian
akahir bobot tugas ditingkatkan dan setiap tugas diberi umpan balik.
|
Dalam kontrak perkuliahan tugas diberi bobot 15% serta tugas diberi umpan
balik dan penilaian, sehingga kualitas tugas akan semaikin meningkat.
|
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar