Arsip Blog

Definisi dan Konsep Kerja PageRank

Bagian terpenting dari perangkat lunak yang digunakan oleh Google dalam PageRank, yaitu sebuah sistem yang meranking halaman web yang dikembangkan oleh pendiri Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Selain itu mereka juga memiliki banyak pekerja ahli yang meningkatkan segala aspek Google setiap hari.

Defenisi Google PageRank adalah sebuah penilaian atau pemeringkatan popularitas suatu website atau blog yang dikeluarkan oleh Google terhadap suatu website atau blog didasarkan atas kuantitas dan kualitas dari aksesibiltas blog tersebut. Banyaknya pengunjung pada sebuah blog dari nomor IP atau internet protokol yang berbeda (hits) serta besarnya jumlah tampilan halaman atau pageview dari suatu
website atau blog. Range penilaian antara 0-10.


PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound link dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (PageRank) tinggi mengacu ke halaman tersebut. Sistem PageRank dipandang sangat tinggi dalam hal obyektifitas dan akurasi relefansi pencariannya. Mereka mengedepankan azas demokratis web yang unik dengan menggunakan struktur linknya yang kuat sebagai indikator dari nilai sebuah halaman. Google menginterpretasikan link dari halaman A ke halaman B sebagai sebuah pilihan atau vote, oleh halaman A, untuk halaman B.
Tetapi, Google melihat lebih dari sekedar jumlah pilihan atau link yang diterima oleh sesuatu halaman, Google juga menganalisis halaman yang memberi pilihan tersebut. Pilihan yang diberikan oleh halaman yang penting dimana halaman tersebut berbobot lebih tinggi sehingga dapat membantu membuat halaman lain menjadi penting.

Situs yang penting dan berkualitas tinggi akan memperoleh lebih banyak PageRank dan akan diingat oleh Google pada tiap-tiap pencarian. Tetapi, halaman yang penting tetap saja tidak berguna bila ternyata tidak sesuai dengan keinginan seseorang. Oleh karena itu, Google mengkombinasikan PageRank dengan teknik pembandingan teks untuk mencari halaman web yang penting dan relevan dengan apa yang dicari oleh seseorang. Google lebih dari sekedar menghitung jumlah keberadaan kata dalam sebuah halaman dan memeriksa segala aspek dari isi halaman termasuk halaman-halaman yang terkait untuk memutuskan apakah halaman tersebut cocok dengan apa yang dicari seseorang. Yang dimaksud faktor peredam ialah faktor yang menyertakan pengguna dalam kalkulasi.
Artikel Terkait

1 komentar :

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas ilmunya.

mohon kunjungi juga blog saya http://armigrup.blogspot.co.id/

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger