Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep PageRank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma PageRank seperti di bawah:
Algoritma:
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Algoritma lain yang dipublikasikan:
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Di mana:
a. PR(A) adalah PageRank halaman A
b. PR(T1) adalah PageRank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
c. C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
d. d adalah damping faktor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
e. N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)
Dari algortima di atas dapat dilihat bahwa PageRank ditentukan untuk setiap halaman bukan keseluruhan situs web. PageRank sebuah halaman ditentukan dari PageRank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan PageRank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi, PageRank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan PageRank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua PageRank yang didapat dari halamanhalaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping faktor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai PageRank halaman T didistribusikan ke halaman A
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar