Keuntungan
beriklan secara online atau pada sebuah situs kurang lebih sama dengan di media
cetak. Dari sebuah penelitian, visitor setidaknya dua kali mengunjungi website
setelah mereka membaca alamat situs tersebut pada iklan di majalah, koran,
ataupun radio.
Berpromosi
di internet memungkinkan untuk menjangkau target market yang tak terbatas
secara nasional bahkan seluruh dunia. Sementara, pemasaran offline hanya
memungkinkan pemasaran hanya pada lingkup yang terbatas dan cenderung hanya
menjangkau pasar lokal atau nasional. Itu pun diperlukan biaya yang tidak
sedikit. Sebagai contoh iklan property di salah satu koran lokal mematok harga
Rp 450.000,- per bulannya.
Efektifitas promosi dan pemasaran online telah
teruji. Promosi online ini lebih efektif karena bisa membidik target market
yang tepat. Yaitu pada orang yang memiliki minat tertentu saja. Advertiser
tidak harus membuang banyak waktu dan biaya untuk pasar yang bukan menjadi
target. Sementara itu, faktor ketidakberhasilan pemasaran offline lebih banyak
disebabkan pemasarannya tidak pada target yang semestinya dan pada pemilihan
media iklannya.
Pada promosi
online, modal dan resikonya lebih kecil dibandingkan dengan modal dan resiko
bisnis offline biasa. Bandingkan saja, secara sederhana kita ambil contoh media
massa (koran) nasional terbesar di Indonesia mengenakan tarif puluhan hingga
ratusan juta rupiah untuk sekali tayang dalam sekali terbit. Jika menggunakan
media online, banyak teknologi pemasaran yang bisa diterapkan untuk menekan
biaya iklan.
Harga
promosi online, online advertising, jauh lebih murah dibanding dengan biaya
promosi melalui koran atau majalah. Dan dengan semakin banyaknya provider,
pemain atau makelar iklan (biro, jasa, agen) online yang tumbuh bak jamur di
musim hujan, pemasang iklan online bisa memiliki banyak alternatif untuk
membuat keputusan berpromosi online sesuai budget, teknis yang diinginkan,
maupun target pasarnya.
Belanja
iklan sehari di media massa nasional terbesar, bisa digunakan untuk belanja
iklan online 1-5 tahun. Koran versus Internet, media cetak vs media online,
dalam masalah biaya iklan, jelas sekali perbedaan dan kelasnya. Beriklan di
Internet jauh lebih menguntungkan dan mempunyai banyak kelebihan.
Artikel Terkait
Komputer
- Kotak Pembagi atau DP ( Distribution Point )
- Jaringan Lokal Akses Tembaga
- CSMA/CD
- Pengertian dan Macam-Macam Promosi Online
- Pengertian Sistem Informasi
- Kegunaan Alexa
- Alexa Rank
- Random Surfer Model
- Algoritma PageRank
- Definisi dan Konsep Kerja PageRank
- Latar Belakang Google
- Asal nama "Google"
- Spesifikasi ASUS VivoTab
- Spesifikasi Tablet PC Asus Nexus 7
- Top 10 tombol pintas (Shortcuts) keyboard yang semua orang harus tahu
- Tombol Pintas (Shortcuts) Umum Pada Microsoft Windows
- Kode Error Saat Instal 3.5 dot net framework windows 8
0 komentar :
Posting Komentar