Arsip Blog

Keuntungan Promosi Melalui Media Online

---- Catatanya Didit ( diditnote.blogspot.com )----

Keuntungan beriklan secara online atau pada sebuah situs kurang lebih sama dengan di media cetak. Dari sebuah penelitian, visitor setidaknya dua kali mengunjungi website setelah mereka membaca alamat situs tersebut pada iklan di majalah, koran, ataupun radio.
Berpromosi di internet memungkinkan untuk menjangkau target market yang tak terbatas secara nasional bahkan seluruh dunia. Sementara, pemasaran offline hanya memungkinkan pemasaran hanya pada lingkup yang terbatas dan cenderung hanya menjangkau pasar lokal atau nasional. Itu pun diperlukan biaya yang tidak sedikit. Sebagai contoh iklan property di salah satu koran lokal mematok harga Rp 450.000,- per bulannya.
 Efektifitas promosi dan pemasaran online telah teruji. Promosi online ini lebih efektif karena bisa membidik target market yang tepat. Yaitu pada orang yang memiliki minat tertentu saja. Advertiser tidak harus membuang banyak waktu dan biaya untuk pasar yang bukan menjadi target. Sementara itu, faktor ketidakberhasilan pemasaran offline lebih banyak disebabkan pemasarannya tidak pada target yang semestinya dan pada pemilihan media iklannya.
Pada promosi online, modal dan resikonya lebih kecil dibandingkan dengan modal dan resiko bisnis offline biasa. Bandingkan saja, secara sederhana kita ambil contoh media massa (koran) nasional terbesar di Indonesia mengenakan tarif puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali tayang dalam sekali terbit. Jika menggunakan media online, banyak teknologi pemasaran yang bisa diterapkan untuk menekan biaya iklan.
Harga promosi online, online advertising, jauh lebih murah dibanding dengan biaya promosi melalui koran atau majalah. Dan dengan semakin banyaknya provider, pemain atau makelar iklan (biro, jasa, agen) online yang tumbuh bak jamur di musim hujan, pemasang iklan online bisa memiliki banyak alternatif untuk membuat keputusan berpromosi online sesuai budget, teknis yang diinginkan, maupun target pasarnya.

Belanja iklan sehari di media massa nasional terbesar, bisa digunakan untuk belanja iklan online 1-5 tahun. Koran versus Internet, media cetak vs media online, dalam masalah biaya iklan, jelas sekali perbedaan dan kelasnya. Beriklan di Internet jauh lebih menguntungkan dan mempunyai banyak kelebihan. 
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger