Arsip Blog

Pengertian dan Perihal tentang Paradigma Penelitian Kuantitatif


Merupakan satu pendekatan penelitian yang dibangun berdasarkan filsafat yang menolak unsur metafisik dan feologik dari realitas sosial.
Secara epistemologis, dalam penelitian kuantitatif diterima suatu paradigma, bahwa sumber pengetahuan paling utama adalah fakta yang sudah pernah terjadi, dan lebih khusus lagi hal-hal yang dapat ditangkap panca indra. Pengetahuan itu,bersumber dari fakta yang diperoleh melalui panca indera, maka ilmu pengetahuan harus didasarkan pada eksperimen, induksi dan observasi.
Paradigma kuantitatif berpandangan bahwa sumber ilmu terdiri dari dua, yaitu :
pemikiran rasional data empiris yang ukuran kebenaran terletak pada koherensi, yaitu sesuai dengan teori-teori terdahulu dan korenpondensi, yaitu sesuai dengan kenyataan empiris.
Penelitian kuantitaif dikembangkan oleh penganut pasitivisme yang dipelopori oleh Auguste Conte yang berpendapat bahwa untuk memacu pekembangan ilmu-ilmu sosial, maka metode-metode IPA harus diadopsi kedalam riset-riset ilmu sosial. Karenanya dalam penelitian kuantitatif pengukuran terhadap gejala yang diamati menjadi penting sehingga pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan berstruktur (angket) yang disusun berdasarkan pengukuran terhadap variable yang diteliti yang kemudian menghasilkan data kuantitatif

---- Catatanya Didit ( diditnote.blogspot.com )----
Artikel Terkait

2 komentar :

raffbachrach mengatakan...

T-SHIRT ONLINE GAMES: T-SHIRT | Titanium Arts
T-SHIRT is designed titanium ring for men to titanium bong suit the titanium necklace most experienced men's. Featuring high titanium price quality and unique designs, T-SHIRT titanium mens rings has evolved into a new standard for

Anonim mengatakan...

fv423 new era hrvatska,kickers uruguay,new era cap latvia,lacoste sko herre tilbud,lacoste mexico,mlb t shirts clearance,giro ski helmets uk,yonex tennismaila,yonex rakieta do badmintona wu374

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger