Arsip Blog

Kelebihan dan Keterbatasan menggunakan Objek Fisik-Benda Nyata



Menggunakan objek tiruan dalam pembelajaran pasti terdapat bebarapa hal yang terkait dalam penggunaannya. Halaman berikutnya akan dibahas tentang kelebihan serta keterbatasan penggunaan objek tiruan yang dijelaskan oleh Anderson (1987: 185-186) pada halaman berikut.

1)        Kelebihan
a)      Siswa dapat lebih mudah dalam bekerja dengan lingkungan kerja nyata, karena telah belajar sebelumnya dengan situasi yang dibuat mirip dengan sebenarnya.
b)      Dapat mempermudah saat proses penilaian terhadap penampilan siswa, jika dalam proses penilaian diperlukan ketangkasan dan keterampilan saat bekerja.
c)      Siswa akan cenderung senang karena dapat mengalami dan melatih keterampilan yang ada dalam dirinya karena langsung berhadapan dengan lingkungan nyata.
2)        Keterbatasan
a)      Kekhawatiran terhadap keselamatan siswa akan timbul karena berhadapan langsung dengan lingkungan kerja.
b)      Memerlukan biaya yang cukup besar untuk mengadakan peralatan yang sesuai dengan lingkungan kerja, serta kemungkina rusak pada alat yang digunakan.
c)      Sulit mendapatkan tenaga ahli untuk menjadi guru/instruktur, karena dapat menurunkan produktivitas pada dirinya.
d)     Sulit mengontrol hasil belajar, karena sering kali menimbulkan konflik-konflik yang dimungkinkan terjadi dengan pekerjaan dan keadaan dilingkungan kerja.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger