Menggunakan objek
tiruan dalam pembelajaran pasti terdapat bebarapa hal yang terkait dalam
penggunaannya. Halaman berikutnya akan dibahas tentang kelebihan serta
keterbatasan penggunaan objek tiruan yang dijelaskan oleh Anderson (1987:
185-186) pada halaman berikut.
1)
Kelebihan
a)
Siswa dapat
lebih mudah dalam bekerja dengan lingkungan kerja nyata, karena telah belajar
sebelumnya dengan situasi yang dibuat mirip dengan sebenarnya.
b)
Dapat
mempermudah saat proses penilaian terhadap penampilan siswa, jika dalam proses
penilaian diperlukan ketangkasan dan keterampilan saat bekerja.
c)
Siswa akan
cenderung senang karena dapat mengalami dan melatih keterampilan yang ada dalam
dirinya karena langsung berhadapan dengan lingkungan nyata.
2)
Keterbatasan
a)
Kekhawatiran
terhadap keselamatan siswa akan timbul karena berhadapan langsung dengan
lingkungan kerja.
b)
Memerlukan biaya
yang cukup besar untuk mengadakan peralatan yang sesuai dengan lingkungan
kerja, serta kemungkina rusak pada alat yang digunakan.
c)
Sulit
mendapatkan tenaga ahli untuk menjadi guru/instruktur, karena dapat menurunkan
produktivitas pada dirinya.
d)
Sulit mengontrol
hasil belajar, karena sering kali menimbulkan konflik-konflik yang dimungkinkan
terjadi dengan pekerjaan dan keadaan dilingkungan kerja.
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar