Pemakaian objek
fisik-benda nyata dalam proses belajar-mengajar pada sekolah adalah
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, namun ada beberapa tujuan yang
lebih spesifik dalam penggunaan objek fisik-benda nyata menurut Anderson (1987:
184-185) yang dijelaskan seperti berikut ini.
1)
Tujuan kognitif
Jenis latihan seperti
ini adalah dengan memberikan pengenalan awal sebelum siswa melakukan praktik.
Langkah yang biasanya dilakukan adalah dengan mendemonstrasikan suatu mesin
atau peralatan yang akan digunakan siswa, serta pemberian tanda-tanda apakah
mesin atau alat bekerja dangan baik atau tidak agar siswa tidak salah dalam
praktik.
2)
Tujuan
psikomotorik
Latihan ini bertujuan
untuk memberikan materi kepada siswa dalam menangani alat, penggunaan
perlengkapan bekerja, dan materi pekerjaan yang harus dilakukan. Siswa dalam
hal ini juga dapat dilihat penampilan saat bekerja pada lingkungan kerja yang
sebenarnya.
3)
Tujuan afektif
Bekerja dengan alat
atau mesin yang sebenarnya dimungkinkan dapat mengembangkan sikap yang positif
saat bekerja pada lingkungan yang nyata. Sikap positif tersebut harus diajarkan
saat awal pengenalan hingga akhir proses belajar, karena jika sejak awal diberikan
langkah yang salah ditakutkan setelah meninggalkan lingkungan kerja belajar
siswa takut menghadapi situasi kerja yang nyata.
Artikel Terkait
0 komentar :
Posting Komentar