Promosi
didefinisikan sebagai koordinasi antara inisiatif penjual untuk membuat saluran
informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau mempromosikan ide.
Komunikasi organisasi dengan pasar yang luas menggunakan program promosi yang
terencana ketika komunikasi telah melalui beberapa unsur dari bauran pemasaran.
Alat dasar untuk menyelesaikan tujuan komunikasi organisasi biasanya merujuk
pada bauran promosi. Setiap unsur dari bauran promosi digambarkan sebagai
komunikasi pemasaran terintegrasi yang memainkan peran khusus. Berikut adalah
macam-macam bentuk promosi online:
1. Periklanan
Periklanan merupakan semua bentuk penyajian
dan promosi non personal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh
perusahaan sponsor tertentu . Periklanan memiliki karakteristik khusus, yaitu
sifatnya yang umum, tersebar luas dan mampu menimbulkan ekspresi yang lebih
kuat dari konsumen. Periklanan dengan menggunakan media internet bersifat
dinamis dan interaktif. Iklan di internet dapat diperbaharui kapan saja dengan
biaya yang rendah dan tepat pada waktunya. Kebanyakan upaya periklanan
diarahkan untuk mempengaruhi permintaan merek produk tertentu.
Iklan di internet terdiri dari :
a. Banner
Banner
merupakan bentuk umum dari iklan di website.
Iklan banner menempati urutan pertama dengan total 53% pengeluaran iklan
perusahaan. Iklan banner digunakan untuk menciptakan kesadaran atau
pengenalan produk.
b. Sponsorship
Iklan
online yang berada diperingkat dua adalah sponsorship, dengan
jumlah 30% dari total pengeluaran iklan. Ada dua jenis sponsorship,
pertama regular sponsorship, dimana perusahaan membayar sebagai sponsorship
di satu bagian situs. Yang kedua adalah content sponsorship, dimana
perusahaan tak hanya membayar dan mendapatkan tempat iklan, tetapi juga turut
berpartisipasi dalam menyajikan isi website. Perusahaan dapat memutuskan
untuk berpartisipasi dalam mensponsori forum internet, newsgroups,
dan bulletin boards yang mempunyai daya tarik bagi kelompok minat
khusus.
c. PopUps
Popups
merupakan jendela yang muncul ketika memasuki
suatu situs. Popups biasanya lebih besar dari banner tapi lebih
kecil dari keseluruhan tampilan monitor.
d. Interstitials
Interstitials
adalah iklan yang muncul saat user sedang
menunggu sebuah situs yang sedang di download.
e. Push
Technologies/Web Casting
Push
Technologies/Web Casting memungkinkan
perusahaan untuk menyampaikan pesan daripada menunggu konsumen untuk mencari
informasi yang disediakan perusahaan. Teknologi ini mengirimkan halaman web dan
berita terbaru pada pelanggan tertentu yang dapat berisi suara dan video.
f. links
Links
merupakan tulisan atau gambar yang merujuk
pada halaman lain pada situs yang sama atau berbeda.
2. Promosi Penjualan
Promosi penjualan adalah semua kegiatan pemasaran yang
mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya
pembelian dalam waktu singkat. Kegiatan ini mencakup pengertian bagaimana
sebuah situs dapat membuat pengunjung kembali. Banyaknya kunjungan ulang yang
dilakukan konsumen pada sebuah situs adalah salah satu ukuran untuk melihat
seberapa baik situs perusahaan untuk dijadikan media iklan. Perusahaan
menggunakan alat alat promosi penjualan untuk menciptakan tanggapan yang lebih
kuat dan cepat. Promosi penjualan dapat digunakan untuk menarik perhatian dan
biasanya memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen agar melakukan
transaksi pembelian. Alat promosi penjualan terdiri dari kupon, kontes, harga
premi dan lainnya.
3. Penjualan Tatap Muka
Penjualan tatap muka adalah alat yang paling efektif
biaya pada tahap proses pembelian lebih lanjut, terutama dalam membangun
preferensi, keyakinan dan tindakan pembeli. Internet memiliki keuntungan dan
kerugian bagi penjualan pribadi, biasanya terjadi pada pasar Business to
Business (B2B). Bagi sebagian perusahaan, internet merupakan ancaman yang dapat
mengambil peluang kerja. Oleh karena itu, perusahaan menyadari pentingnya untuk
membuat kesan web yang kuat. Manfaatnya adalah web digunakan secara efektif
untuk mendukung penjualan dan menjadi sumber informasi bagi konsumen B2B.
4. Publisitas
dan Hubungan Masyarakat
Publisitas menggambarkan komunikasi massa,
biasanya dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial mengenai produk
atau jasa dari perusahaan. Publisitas tidak dibiayai oleh perusahaan yang
mendapatkan manfaatnya. Seperti media lainnya, internet adalah media ampuh
untuk mendukung aktivitas hubungan masyarakat. Banyak situs yang menyediakan
bagian di situsnya untuk aktivitas humas seperti penyediaan informasi
perusahaan, aktivitas sosial, laporan tahunan dan lainnya. Ada beberapa peluang
web bagi para pelaku hubungan masyarakat adalah : a. Pengembangan website
sebagai media komunikasi antara konsumen dan perusahaan, b. Kemampuan untuk
menyebarkan informasi dengan cepat dan luas, c. Sifat web yang interaktif dapat
membantu perusahaan memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung situs.
Publisitas merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan untuk membentuk
pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen agar mengenali dan menyukai
produk yang dipasarkannya. Hal ini berbeda dengan promosi, dalam melakukan
publisitas perusahaan tidak melakukan hal bersifat komersial.
5. Pemasaran
Langsung
Pemasaran langsung adalah situasi dimana
perusahaan melakukan komunikasi langsung dengan konsumen yang menjadi targetnya
untuk menghasilkan respon dan transaksi. Perusahaan semacam ini menghabiskan
uang dalam jumlah yang banyak tiap tahunnya untuk mengembangkan dan mengatur
database yang berisi alamat dan nomor telepon konsumen. Macam macam penjualan
langsung di internet, antara lain :
a. Direct Mail
Direct mail di internet sama seperti surat biasa, hanya
menggunakan platform elektronik. Seperti surat bisnis lainnya, direct mail
sudah memiliki target tersendiri, berdasarkan pada daftar dan mencoba untuk
memperoleh konsumen dengan kebutuhan khusus melalui pesan yang pesan yang
menjadi sasaran.
b. Database Marketing
Database ini merupakan sejumlah penyedia jasa yang ada di
internet. Contohnya Electronic Data Gathering and Retrieval (EDGAR) yang berisi
semua dokumen perusahaan yang dibutuhkan untuk menyimpan file dalam bentuk
elektronik.
c. Infomercials
Infomercials berupa iklan dengan durasi 3 60
menit.
d. Ecommerce
Ecommerce menggambarkan penggunaan sarana dan platform
elektronik untuk melakukan bisnis perusahaan. Situs bisnis memberikan informasi
pada pengunjung tentang perusahaan, sejarah, kebijakan, produk dan peluang
kerjanya. Selain itu, menawarkan transaksi atau mempermudah penjualan barang
dan jasa online.
Artikel Terkait
1 komentar :
Yupsss.....Penjualan online memudahkan konsumen maupun produsen dalam bertransaksiCara Meningkatkan Penjualan Online
Posting Komentar