Arsip Blog

ALAT TRANSPORTASI INDUSTRI



Di dalam industri, bahan -bahan yang digunakan kadangkala merupakan bahan yang berat maupun berbahaya bagi manusia. Untuk itu diperlukan alat transportasi untuk mengangkut bahan - bahan tersebut mengingat keterbatasan kemampuan tenaga manusia baik itu berupa kapasitas bahan yang akan diangkut maupun keselamatan kerja dari karyawan. dalam pemakaian alat trasnportasi industri juga harus memperhatikan klasifikasi material yang dibawa, baik berbentuk gas, padat, maupun cair. Ada beberapa macam atau jenis alat transportasi yang sering digunakan didalam industri, baik itu pertambangan ataupun industri yang lainnya.
1.        Conveyor yang berfungsi untuk mengangkut bahan -bahan industri yang berbentuk padat. Pemilihan alat transportasi (conveying equipment) material padatan antara lain tergantung pada :
a.    Kapasitas material yang ditangani 
b.    Jarak perpindahan material 
c.    Kondisi pengangkutan : horizontal, vertikal atau inklinasi 
d.   Ukuran (size), bentuk (shape) dan sifat material (properties)  
2.        Forklift yang berfungsi adalah alat yang digunakan untuk menggali, mengangkat material dari sumbernya ke unit pembawa material, atau alat berat yang digunakan sebagai sarana pendukung disekitar loading area, dumping area maupun area perjalanan dari loading hingga dumping area.
3.        Over head cran / Crane  termasuk di dalam kategori alat pengangkut material, karena alat ini dapat mengangkut material secara vertical dan kemudian memindahkannya secara horizontal pada jarak jangkau yang relatif kecil.
4.        Dump Truck untuk pengangkutan material lepas (loose material) dengan jarak tempuh yang relatif jauh.
5.        Articulated Dump Truck, disingkat ADT, digunakan untuk memindahkan dan membuang material dengan kapasitas terbatas dan kondisi jalan berlumpur.
6.        Crawler crane Alat penggerak merupakan bagian dari alat berat yang menerjemahkan hasil dari mesin menjadi kerja. Bentuk dari alat penggerak adalah crawler atau roda kelabang dan ban karet.
7.        Tower Crane digunakan dalam proyek-proyek bangunan sipil yang berkaitan dengan pemindahan tanah adalah mobile crane, sebab crane ini dapat dengan mudah dipindah-pindahkan, karena pekerjaan pemindahan tanah secara mekanis membutuhkan mobilitas alat yang relatif tinggi.
8.        Centrifugal pump digunakan pada industri pertambangan yakni memindahkan material berbentuk lumpur kemudian dibawa ketempat pengolahan berikutnya. Cyclone pump untuk meenyeleksi material yang sudah halus dan masih berbentuk ore.
9.        Power Shovel Alat ini baik untuk pekerjaan menggali tanah tanpa bantuan alat lain, dan sekaligus memuatkan ke dalam truk atau alat angkut lainnya. Alat ini juga dapat untuk mebuat timbunan bahan persediaan (stock pilling).
10.    Loader dan Dozer  termasuk dalam kategori alat yang biasanya tidak digunakan sebagai alat transportasi tetapi digunakan untuk memindahkan material dari satu alat ke alat yang lain. Loader dan dozer adalah alat pemindahan material.
11.    Backhoe Jenis alat ini dikenal juga dengan istilah excavator. Beberapa alat berat digunakan untuk menggali tanah dan batuan. Yang termasuk didalam kategori ini adalah front shovel, backhoe.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger