Arsip Blog

Alexa Rank


Selain Google PageRank, ada juga Alexa Rank yang dikenal untuk mengukur performa suatu situs. Alexa Rank dikeluarkan oleh Alexa.com.

Sedangkan defenisi Alexa Rank adalah pemeringkatan popularitas suatu website atau blog berdasarkan trafik suatu website atau blog tersebut yang dikeluarkan oleh Alexa. Rangkking penilaian Alexa ialah bernilai 1 sampai dengan jutaan. Untuk mengetahui berapa nilai Alexa Rank dapat diketahui dengan mengakses situs www.alexa.com.

Menurut Alexa.com, Alexa Rank adalah ukuran kepopuleran suatu website dengan membandingkan suatu situs dengan semua situs yang berada di jaringan Internet. Perhitungan Alexa Rank dengan cara mengkombinasikan rata-rata pengunjung suatu situs perhari dan jumlah halaman suatu website yang dibuka oleh pengunjung. Suatu website yang berada di tingkat Alexa tertinggi mempunyai Alexa Rank 1, sehingga memiliki arti semakin kecil nilai ranking suatu web, berarti semakin bagus Alexa ranknya.

Alexa.com adalah sebuah situs penyedia layanan untuk menganalisis trafik pengunjung. Tidak seperti pada umumnya penganalisis trafik, Alexa lebih memfokuskan perbandingan trafik pengunjung situs yang dapat dijangkaunya. Untuk menentukan ranking pada Alexa diperoleh dari toolbar Alexa, tetapi tidak semua diperoleh dari toolbar Alexa, Alexa juga menggunakan sumber-sumber lain yang akan
dipertimbangkan dalam penentuan ranking.

Perhitungan jumlah pengunjung unik yang mengunjungi situs tersebut peringkat situs dikalkulasikan dari reach dan pageview. Reach ditentukan dari jumlah pengunjung unik yang mengunjungi situs tersebut dalam satu harinya. Yang dimaksud pengunjung unik adalah jika pengunjung unik tersebut mengunjungi suatu situs dua kali atau lebih dalam hari yang sama, maka ia tetap dihitung sebagai satu pengunjung
untuk hari tersebut.

Sedangkan yang dimaksud pageview adalah jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung. Halaman ini lebih berdasarkan pada url. Misalkan http://situsku.com/artikel, http://situsku.com/about.html. dan sebagainya. Satu url dianggap sebagai satu halaman.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger