A. Pengertian kematangan yang relatif.
Sekalipun kata "kematangan" (mature) berarti perkembangan yang penuh, pengertiannya secara psikologis bersifat fleksibel. dalam pengertian psikologis, seorang anak dikatakan matang apabila telah mencapai perkembangan yang khas bagi usianya. Anak usia 4 tahun yang memperlihatkan sikan sikap keras kepala satu kali saja dalam 3 atau 4 minggu, dapat dikatakan telah matang. Seorang remaja yang segera sembuh dari perasaan patah hati adalah matang bagi usianya. Jadi, pengertian kematangan di sini bukanlah sesuatu yang mutlak, melainkan nsesuatu yang relatif..jpg)
B. Kriteria untuk kematangan emosi
Masalah yang dihadapi orang-orang tua dan para pendidik adalah menetapkan tujuan-tujuantentang kematangan emosi dan berusaha agar tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai. Beberapa kriteria yang dapat dijadikan tujuan kematangan emosi adalah sebagi berikut:
1. Mampu menahan emosi yang negatif atau dapat menyatakannya secara tidak langsung.
2. Membina dan mengembangkan emosi yang positif. Ini dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman-pengalaman yang berhasil.
3. Mengembangkan toleransi yang tinggi terhadap situasi-situasi atau hal-hal yang tidak berkenan di hati.
4. Memperoleh kepuasan sosial yang terus bertambah karena tindakan-tindakanyang sesuai dengan masyarakat.
5. Kebebasan dalam bertindak yang terus bertambah.
6. Kemampuan untuk melakukan pilihan.
7. Bebas dari rasa takut yang beralasan (tak masuk akal)
8. Bertindak sesuai dengan batas-batas kemampuan.
9. Berani berbuat salah tanpa ada perasaan tidak akan dihormati.
10. Sadar akan kemampuan danj prestasi orang lain.
11. Mampu meraih kemenangan secara terhormat.
12.Mampu bangkit kembali setelah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan atau kegagalan.
13. Mampu menangguhkan pemuasan dorongan-dorongan yang bersifat jasmaniah.
14. Kemampuan untuk bersifat terbuka dan menerima keterbukaan dalam hubungan-hubungan interpersonal.
15. Merasa senang dengan kehidupan sehari-hari. Latihan-latihan yang berhubungan dengan mental, emosional, spiritual, dan kegiatan-kegiatan fisik adalah jalur-jalur yang akan membawa kepada kepuasan hidup sehari-hari.
Artikel Terkait
Education
- SOAL UJIAN IPA SMK PILIHAN GANDA
- Ciri-Ciri Orang Kreatif
- 5 (Lima) Hal yang Menentukan Kurikulum
- Pengumpulan Data Siswa
- Pendekatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Apa itu Handout?
- Konsep Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil
- Pengertian Umum Bangsa
- Macam-Macam Visualisasi Data
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Media Pembelajaran
- Pengertian Teori Empirisme
- Apa Itu Teori Nativisme
- Pengertian / Definisi dari Prestasi Belajar
- Pengertian / Definisi Belajar
- Pengertian, Definisi, Arti Pendidikan
- Kelebihan dan Keterbatasan menggunakan Objek Fisik-Benda Nyata
- Tujuan Penggunaan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian simulator dan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian Media (dalam Media Pendidikan)
- Pengertian Pembelajaran
- Pengembangan Media Pembelajaran
- Manfaat Media Pembelajaran
- PengertianUmum Media Pembelajaran
- Macam-macam teori belajar berdasarkan kelompok
0 komentar :
Posting Komentar