Arsip Blog

KOMUNIKASI DATA

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA

Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa di antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan. Sinyal-sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data adalah sinyal yang dapat ditangkap dan dikirimkan kepada terminal-terminal penerima. Perbedaan mendasar antara jaringan komputer dan komunikasi data adalah komunikasi data lebih cenderung pada kehandalan dan efisiensi transfer sejumlah bit-bit dari satu titik ke tujuannya sementara jaringan komputer menggunakan teknik komunikasi data namun lebih mementingkan arti dari tiap bit dalam proses pengiriman hingga diterima di tujuannya.
Komunikasi data tidak hanya dapat dilakukan oleh komputer dengan komputer, tetapi juga dengan peralatan komunikasi yang lain yang mendukung untuk komunikasi data.

B. ELEMEN-ELEMEN DALAM KOMUNIKASI DATA

Ada 3 elemen penting dalam komunikasi data, apabila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan. Elemen-elemen dalam komunikasi data antara lain:

1.Sumber Data :
Sumber data adalah elemen yang bertugas membangkitkan informasi dan menempatkannya pada media transmisi seperti pesawat telepon, telex, dll. Sumber Data dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi mengubah informasi yang dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, contohnya adalah modem.
2.Media Transmisi :
Media transmisi merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data.
Beberapa proses yang harus dilalui untuk transmisi data :
•Media transmisi
•Kapasitas dan tipe kanal transmisi
•Kode transmisi yang digunakan
•Mode Transmisi
•Protokol
•Penanganan kesalahan transmisi


3.Penerima Data :
Penerima data adalah alat yang menerima informasi, tugasnya menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima.
Artikel Terkait

0 komentar :

Posting Komentar

 

Catatannya Didit Copyright © 2011-2015 | Powered by Blogger