Pembelajaran dalam Depdiknas
(2005: 17) adalah proses, cara,
perbuatan menjadikan orang atau mahluk hidup belajar.
Oemar Hamalik (2003: 54) menyatakan bahwa pembelajaran adalah suatu kombinasi
yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan dan
prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu
sendiri.
Bambang Warsita (2008:
85) berpendapat bahwa pembelajaran merupakan suatu usaha sadar untuk membuat
peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.
Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi
kegiatan belajar. Suharsimi Arikunto (2009: 19) mengartikan
belajar sebagai suatu proses yang terjadi karena adanya usaha untuk mengadakan
perubahan terhadap diri manusia yang melakukan dengan maksud memperoleh
perubahan dalam dirinya baik berupa pengetahuan, keterampilan serta sikap.
Berdasarkan pernyataan
beberapa pendapat di atas bahwa pembelajaran adalah kegiatan seorang guru
merubah daya pikir siswa agar lebih kreatif, dalam bidang pengetahuan,
keterampilan, dan sikap. Pada hakekatnya pembelajaran merupakan suatu kegiatan
komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa. Menghindari kekeliruan saat
berkomunikasi, diharapkan seorang guru mampu memberikan solusi pembelajaran
yang baik dan benar. Pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang baik dan benar
merupakan suatu tujuan dari proses belajar mengajar.
Artikel Terkait
Education
- SOAL UJIAN IPA SMK PILIHAN GANDA
- Kriteria untuk Kematangan Emosi
- Ciri-Ciri Orang Kreatif
- 5 (Lima) Hal yang Menentukan Kurikulum
- Pengumpulan Data Siswa
- Pendekatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Apa itu Handout?
- Konsep Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil
- Pengertian Umum Bangsa
- Macam-Macam Visualisasi Data
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Media Pembelajaran
- Pengertian Teori Empirisme
- Apa Itu Teori Nativisme
- Pengertian / Definisi dari Prestasi Belajar
- Pengertian / Definisi Belajar
- Pengertian, Definisi, Arti Pendidikan
- Kelebihan dan Keterbatasan menggunakan Objek Fisik-Benda Nyata
- Tujuan Penggunaan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian simulator dan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian Media (dalam Media Pendidikan)
- Pengembangan Media Pembelajaran
- Manfaat Media Pembelajaran
- PengertianUmum Media Pembelajaran
- Macam-macam teori belajar berdasarkan kelompok
0 komentar :
Posting Komentar