Menurut Beck dkk. Ada lima hal yang menentukan kurikulum dan harus dipertimbangkan:
1. Pengetahuan dasar harus disajikan sebagai disiplin-disiplin yang diorganisasi secara sistematis
2. Dalam analisis terakhir, diluar bidang-bidang studi, rencana-rencana institusional dan tekanan-tekanan kultural, gurulah pada akhirnya yang menentukan apa yang diajarkan
3. Keunikan individual para siswa menuntut agar nilai-nilai, aspirasi, dan persepsi mereka hendaknya dipertimbangkan dalam penyusunan kurikuler.
4. Tradisi lama yang lazim terdapat menunjukkan bahwa sistem sekolah, dewan sekolah, dan tradisi lokal menentukan apa yang disajikan dalam kurikulum.
5. Apa pun penekanan atau titik berat kurikuler yang disediakan oleh sekolah, pada akhirnya masyarakat luaslah yang menentukan apa yang perlu diajarkan.
Artikel Terkait
Education
- SOAL UJIAN IPA SMK PILIHAN GANDA
- Kriteria untuk Kematangan Emosi
- Ciri-Ciri Orang Kreatif
- Pengumpulan Data Siswa
- Pendekatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Apa itu Handout?
- Konsep Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) 200 mil
- Pengertian Umum Bangsa
- Macam-Macam Visualisasi Data
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Media Pembelajaran
- Pengertian Teori Empirisme
- Apa Itu Teori Nativisme
- Pengertian / Definisi dari Prestasi Belajar
- Pengertian / Definisi Belajar
- Pengertian, Definisi, Arti Pendidikan
- Kelebihan dan Keterbatasan menggunakan Objek Fisik-Benda Nyata
- Tujuan Penggunaan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian simulator dan Objek Fisik-Benda Nyata
- Pengertian Media (dalam Media Pendidikan)
- Pengertian Pembelajaran
- Pengembangan Media Pembelajaran
- Manfaat Media Pembelajaran
- PengertianUmum Media Pembelajaran
- Macam-macam teori belajar berdasarkan kelompok
0 komentar :
Posting Komentar